Begini Cara Mudah untuk Membedakan Sakit kepala dengan Migrain

Senin, 17 Juni 2019 00:46 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Begini Cara Mudah untuk Membedakan Sakit kepala dengan Migrain Ilustrasi migrain. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/CHAIWATPHOTOS

Merdeka.com - Munculnya rasa sakit yang menusuk di kepala bisa terjadi karena beberapa macam hal seperti kurang air putih atau kurang tidur. Pada rasa sakit yang muncul ini, sering kali kita sulit membedakan antara kondisi pusing atau migrain yang kita alami.

Dilansir dari Her, menurut International Headache Society, terdapat cara untuk membedakan antara sakit kepala dengan migrain ini. Berikut sejumlah hal umum yang bisa membedakan antara sakit kepala dengan migrain:

- Migrain biasanya berlangsung selama empat jam dan terjadi hanya pada satu bagian kepala. Rasa sakit yang muncul juga bisa menghadirkan sensasi berdenyut di kepala.

- Sakit kepala biasanya mulai menghilang setelah dua jam, sedangkan sakit kepala yang disebabkan penyakit infeksi bakal hilang ketika penyakit tersebut sirna. Rasa sakit yang muncul juga terjadi pada kedua belah bagian kepala.

- Migrain biasanya disertai dengan sejumlah gejala lain seperti mual, sensitif terhadap cahaya dan suara, serta memburuk saat melakukan kegiatan bahkan ketika berjalan.

- Migrain bisa menyebabkan gejala saraf seperti permasalahan penglihatan dalam jangka pendek berupa munculnya bintik hitam di depan penglihatan. Terkadang kamu bahkan kesulitan untuk berbicara atau memilih kata-kata.

- Kecuali terjadi karena penyakit atau mabuk, sakit kepala biasanya tidak memiliki efek samping lain dan juga tak memburuk saat berolahraga. Faktanya, pada beberapa kondisi, olahraga bisa mengurangi rasa sakit dari sakit kepala.

- Migrain sering disalahpahami, jadi ketika kamu mengalami sejumlah gejala seperti di atas, pastikan untuk langsung mengobatinya. Kamu juga bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mencari penyembuhan yang tepat.

Bagaimana Cara Mengendalikan Migrain

Membuat catatan yang menulis mengenai detail spesifik gejala yang kamu alami bisa menjadi langkah awal menemukan diagnosis dan penanganan yang tepat. Catatan ini juga bisa membuat kamu mengetahui apa penyebab dari migrain ini dan mencegah terjadinya hal yang sama.

Berbagai faktor seperti pola makan, olahraga, stres, konsumsi alkohol, dan merokok bisa jadi penyebab migrain yang kamu alami. Oleh karena itu, terapkan gaya hidup sehat untuk mencegah munculnya hal ini. [RWP]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini