Bebas Gluten Selama Kehamilan Bisa Buat Anak yang Dikandung Terlindung dari Diabetes

Rabu, 3 April 2019 16:11 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Bebas Gluten Selama Kehamilan Bisa Buat Anak yang Dikandung Terlindung dari Diabetes Ilustrasi Hamil. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Gaya hidup bebas gluten merupakan salah satu pola makan yang banyak dianut saat ini terutama pada orang yang alergi dengan gluten. Namun siapa sangka jika hal ini dilakukan pada ibu hamil dapat memiliki manfaat yang sangat luar biasa pada bayi.

Gluten sendiri merupakan salah satu senyawa protein yang terkandung di dalam gandum atau zat tepung lainnya. Selain itu gluten juga susah untuk dicerna terutama bagi mereka yang mempunyai masalah kesehatan di dalam usus atau penyakit celiac.

Dilansir dari Her, diketahui dari sebuah penelitian bahwa pola makan bebas gluten selama kehamilan dapat menurunkan risiko bayi yang dikandung memiliki diabetes di kemudian hari. Penelitian ini dilakukan di Denmark dan menemukan hubungan antara gluten dengan kesehatan bayi.

Penelitian ini mempelajari data dari sekitar 62 ribu ibu hamil di Denmark. Diketahui bahwa mengonsumsi makanan yang kaya dengan gluten seperti roti, pasta, dan sereal, dapat melipatgandakan peluang anak yang dikandung memiliki diabetes pada kemudian hari dibanding pada ibu hamil yang tidak atau hanya sedikit mengonsumsi makanan yang mengandung gluten.

Sebuah penelitian yang dilakukan sebelumnya menunjukkan bahwa hewan yang tidak mengonsumsi gluten selama kehamilan mampu membuat keturunannya terhindar dari diabetes tipe 1. Tentu saja bakal muncul perbedaan dengan yang terjadi pada manusia, namun pada dasarnya hal yang sama dapat terjadi. [RWP]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini