Apa itu serat dan apa manfaatnya?

Senin, 16 April 2012 21:00 Reporter : Rizqi Adnamazida
Apa itu serat dan apa manfaatnya? Kacang, salah satu makanan yang kaya akan serat yang bermanfaat (©sheknows.com)

Merdeka.com - Serat sering dikaitkan dengan makanan yang ampuh untuk membantu program diet yang Anda jalani. Namun apa sebenarnya serat dan apa fungsi lainnya selain diet yang bisa Anda dapatkan jika mengonsumsi makanan berserat? Simak penjelasan lengkap mengenai serat dan fungsinya seperti yang dilansir dari She Knows (16/04) berikut ini.

Apa itu serat?
Serat adalah jenis mineral yang tidak mudah dicerna dan diserap oleh tubuh. Serat hampir sama seperti karbohidrat yang mampu memberikan energi pada tubuh, namun serat lebih rendah kalori. Meskipun sulit untuk dicerna, akan tetapi meningkatkan konsumsi serat bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, diabetes, kanker, dan obesitas.

Makanan apa yang kaya serat?
Anda bisa menemukan serat pada sayuran, buah-buahan, buncis, kacang polong, kacang lentil, kacang, biji-bijian, dan gandum. 

Apa manfaat serat?
Menurut ahli nutrisi Michelle Pfennighaus, serat menurunkan penyerapan gula dalam darah sehingga menyeimbangkan kadar gula dan mencegah penyakit diabetes tipe 2. Serat juga rendah akan lemak jenuh dan membuat jantung lebih sehat. Untuk diet, serat membantu Anda menahan rasa kenyang dan mengontrol keinginan untuk makan berlebih. Selain itu, serat membantu sistem pencernaan dan berfungsi untuk mencegah beberapa jenis kanker, yaitu kanker payudara dan kanker usus besar. 

Apa saja jenis dari serat?
Pada dasarnya, ada dua jenis serat yang berguna bagi tubuh, antara lain serat larut dan tidak larut. Serat larut bercampur dengan air dan enzim pencernaan untuk menciptakan gel yang bekerja secara kimiawi dalam mencegah dan mengurangi penyerapan zat yang mungkin berbahaya. Selain itu, serat larut juga membantu mengontrol gula darah dan mengurangi kolesterol. Sementara serat tak larut bertindak seolah-olah seperti spons yang menyerap air dan menghasilkan perasaan kenyang. Serat ini bergerak melalui sistem pencernaan untuk membuang racun dalam tubuh yang tidak dibutuhkan. 

Kini Anda telah memahami tentang serat sekaligus manfaatnya, jadi jangan malas untuk mengonsumsi lebih banyak makanan berserat demi kesehatan Anda! [riz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini