7 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Ingin Mengurangi Berat Badan

Senin, 22 Maret 2021 06:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
7 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Ingin Mengurangi Berat Badan Ilustrasi diet. ©2015 Merdeka.com/shutterstock

Merdeka.com - Turunnya berat badan secara drastis dalam waktu yang sangat singkat memang merupakan suatu hal yang sangat menggiurkan. Namun apakah kehilangan berat badan dengan jangka waktu sangat cepat ini tak berbahaya bagi tubuh?

Dilansir dari Men's Health, Dr. Konstantinos Spaniolas dari ariatric and Metabolic Weight Loss Center, Stony Brook University menyebut bahwa sebenarnya tidak ada batas maksimal berkurangnya berat badan dalam seminggu bagi seseorang. Pasalnya, setiap orang memiliki berbagai faktor yang berdampak terhadap seberapa banyak berkurangnya berat badan, termasuk berat awal.

Spaniolas menyebut bahwa kehilangan satu persen dari berat badanmu dalam seminggu dapat digolongkan sebagai proses yang cepat namun masih masuk akal. Akan tetapi, hal ini juga menimbulkan dampak lain seperti berkurangnya otot, yang tidak diharapkan oleh banyak orang.

Dr. Yoni Freedhoff, M.D., penulis buku mengenai diet menyebut bahwa kehilangan berat badan secara cepat memiliki berbagai dampak negatif. Berbagai dampak seperti kekurangan nutrisi, kulit yang kendur, serta batu empedu dapat muncul karena kehilangan berat badan dengan cepat.

Berikut tujuh hal yang perlu diperhatikan ketika kamu berencana untuk menurunkan berat badanmu.

1. Berat Badan Awal

Semakin banyak berat badan yang ingin kamu kurangi, maka semakin besar presentasenya terhadap lemak di badan kamu. Jika badan kamu cukup gemuk, mengurangi satu persen dari total berat badan selama seminggu tidak bakal terlalu berdampak. Namun jika badanmu cukup kurus, maka hal ini bisa menurunkan massa otot pula.

Baca Selanjutnya: Jenis Olahraga Protein dan Pola...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini