7 Cara Alami untuk Mengatasi Rasa Sakit dan Nyeri di Lutut

Minggu, 1 Desember 2019 00:30 Reporter : Rizky Wahyu Permana
7 Cara Alami untuk Mengatasi Rasa Sakit dan Nyeri di Lutut Ilustrasi nyeri lutut. ©2012 Shutterstock/Maridav

Merdeka.com - Rasa nyeri di lutut merupakan suatu hal yang banyak dialami terutama pada orang tua. Hal ini bisa muncul karena cedera yang terjadi atau juga kondisi medis tertentu.

Munculnya rasa sakit dan nyeri di lutut ini tentu sangat menyebabkan. Hal ini juga bahkan bisa mengganggu kamu dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari dengan nyaman.

Pada beberapa kasus, masalah sakit di lutut ini juga bisa berlangsung lama. Hal ini juga tidak mudah hilang sehingga sangat mengganggu bahkan untuk berdiri atau berjalan.

Sejumlah cara alami bisa membantu mengatasi masalah yang kamu alami ini. Dilansir dari Times of India, berikut sejumlah cara alami untuk mengatasi sakit dan nyeri di lutut.

1 dari 7 halaman

Pijat dengan Minyak Esensial

Pijat merupakan cara yang baik untuk meredakan rasa sakit di lutut dan sendi. Menggunakan minyak esensial untuk memijat lutut bisa membuatnya semakin efektif.

Berdasar penelitian, minyak esensial jahe dan jeruk bisa sangat bermanfaat untuk menghilangkan nyeri di lutut. Hal ini bisa menghilangkan kaku dan mengurangi sakit di bagian tersebut.

2 dari 7 halaman

Kompres Panas dan Dingin

Kompres baik panas maupun dingin bisa bermanfaat untuk mengurangi gejala dari nyeri lutut. Dalam memilih jenis kompres yang digunakan, jenis sakit yang kamu alami bisa menentukan.

Jika terdapat peradangan, maka sebaiknya hindari kompres panas karena dapat memperburuk kondisimu. Kompres oabas cocok untuk sakit kronis seperti arthritis. Sedangkan, kompres dingin sangat cocok diterapkan untuk cedera karena olahraga.

3 dari 7 halaman

Cuka Apel Sider

Sejumlah penelitian mengungkap bahwa cuka apel sider memiliki kandungan anti peradangan. Hal ini bisa membantu meringankan sakit kronis seperti arthritis.

Cuka apel ini bisa membantu mengisi kembali lubrikasi di persendian yang bisa mengurangi rasa sakit dan memudahkan kaki bergerak. Kamu bisa mencampur setengah cangkir cuka apel dengan air kemudian meminumnya setiap hari sebelum tidur.

4 dari 7 halaman

Sari Jahe

Minyak, sari, atau pun jahe mentah bisa memiliki manfaat yang baik untuk lutut. Tanaman ini memiliki kandungan bernama gingerol yang merupakan tanaman anti peradangan alami. Untuk emndapat manfaatnya, sebaiknya kamu meminumnya dua kali dalam sehari.

5 dari 7 halaman

Kunyit

Kunyit merupakan rempah-rempah yang memiliki kandungan kurkumin dan dapat bermanfaat untuk melawan peradangan. Kandungan ini membantu mengatasi gejala nyeri sendi dan peradangan. Campur jahe dan kunyit dalam segelas air dan rebus selama 12 hingga 15 menit. Minum setiap hari untuk mendapat manfaatnya secara maksimal.

6 dari 7 halaman

Cabe Rawit

Cabe memiliki komponen aktif bernama capsaicin yang merupakan pereda rasa sakit alami. Campurkan satu sendok cabe rawit dengan dua sendok minyak zaitun menjadi pasta. Oleskan pasta ini pada area yang mengalami masalah dan pijat secara lembut.

7 dari 7 halaman

Garam Epsom

Garam Epsom Memiliki kandungan magnesium dan sulfat yang sangat bermanfaat untuk meredakan rasa sakit. Hal ini bisa meredakan bengkak serta mengurangi sakit. Kamu bisa mencampur garam epsom dengan air mandi dan merendam dirimu selama 30 menit.

Selain menggunakan seluruh bahan alami tersebut, olahraga tertentu juga bisa bantu redakan nyeri lutut. Walau begitu, jika sakit tak kunjung hilang, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter. [RWP]

Baca juga:

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini