6 Penyebab Kamu Merasa Lelah Ketika Baru Bangun Tidur dan Cara Mengatasinya

Senin, 30 September 2019 00:41 Reporter : Rizky Wahyu Permana
6 Penyebab Kamu Merasa Lelah Ketika Baru Bangun Tidur dan Cara Mengatasinya Ilustrasi Bangun Tidur. ©medicalnewstoday.com

Merdeka.com - Ketika bangun tidur pada pagi hari, seharusnya kamu merasa segar dan bugar. Namun pada beberapa kondisi, bukannya segar, kamu malah merasa lelah.

Rasa lelah yang muncul ketika bangun tidur ini bisa berpengaruh terhadap aktivitasmu selama sehari penuh. Kamu jadi kurang semangat dan berkonsentrasi dalam menjalani hari.

Hal ini membuat bangun dan bangkit dari tempat tidur juga terasa sangat membebani. Badan yang lelah dan rasa mengantuk membuat kamu menjadi kesulitan dalam menjalani hari-hari.

Walau kamu sudah tidur dengan cukup selama delapan jam, namun rasa lelah ini memang dapat tidur. Carl Bazil, MD, PhD, direktur dari Columbia University's Sleep Disorders Center mengungkap bahwa terdapat sejumlah penyebab dari hal ini.

Setidaknya dia menyebut ada enam hal yang bisa membuat kamu merasa lelah walau baru bangun tidur. Berikut sejumlah penyebab dari hal tersebut dan cara mengatasinya.

1 dari 6 halaman

Berolahraga Terlalu Keras

Berolahraga sebelum tidur disebut Dr. Bazil bisa mempengaruhi jam tidurmu dan jika jaraknya terlalu dekat bisa membuatmu sulit tidur. Namun olahraga di pagi hari juga dapat membuatmu kesulitan tidur terutama jika dilakukan terlalu keras.

Olahraga ini membuat tubuh menjadi tegang dan sulit rileks untuk mulai tertidur. Olahraga secara berlebih bisa menimbulkan masalah pada kelenjar adrenal dan hormon menjadi tidak seimbang yang berujung pada kelelahan bahkan hingga pagi hari usai tidur.

Cara mengatasinya: Usai berolahraga terutama yang sangat keras, usahakan untuk beristirahat. Istirahat selama satu atau dua hari dan lakukan olahraga yang ringan untuk memulihkan tubuh seperti berjalan atau yoga.

2 dari 6 halaman

Kamu Sedang Sakit

Ketika kamu merasa lelah walau baru bangun tidur, bisa jadi tubuhmu sedang sakit. Ketika melawan penyakit, sistem kekebalan tubuh bakal menyerap banyak energi untuk melakukannya.

Hal ini bisa membuatmu jadi sangat mengantuk karena tubuh bakal menahan diri untuk pemulihan. Selain rasa lelah, hal ini biasanya disertai batuk dan pilek sehingga sebaiknya konsumsi obat atau konsultasi dengan dokter. Walau begitu, obat yang kamu konsumsi juga bisa menyebabkan rasa ngantuk pada dirimu.

Cara mengatasinya: Ketika tubuh sedang tidak sehat, segera tidur dan hindari aktivitas yang menguras energi. Pastikan juga asupan air minum cukup dan konsumsi makanan sehat bernutrisi.

3 dari 6 halaman

Mengonsumsi Minuman Tertentu

Minuman yang kamu konsumsi juga bisa jadi biang kerok masalah tidur yang kamu alami ini. Dua minuman yang bisa jadi penyebab utama dari hal ini adalah alkohol dan juga kafein.

Kedua minuman ini bisa mengganggu pola tidurmu sehingga kamu sulit memejamkan mata. Dampaknya, rasa lelah bakal kamu alami usai terbangun dari tidur malam hari.

Cara Mengatasinya: Kurangi asupan dari alkohol dan kafein sehari-hari. Pastikan juga jangan mengonsumsi minuman ini sebelum tidur.

4 dari 6 halaman

Kamu Terlalu Banyak Tidur

Kurang tidur bisa menyebabkan seseorang merasa lelah. Namun terlalu banyak tidur juga bisa menimbulkan dampak yang sama pada tubuh seseorang. Hal ini bisa mengganggu pola tidur yang kamu miliki selama ini.

Perubahan pola tidur yang kamu alami ini dapat menguras energi sehingga kamu terus merasa lelah. Oleh karena itu, sebaiknya awasi jumlah jam tidurmu terutama pada siang hari.

Cara Mengatasinya: Ketahui berapa jumlah jam tidur yang dibutuhkan oleh tubuhmu. Jika kamu sudah mengetahui jumlah yang tepat, pertahankan jumlah jam tersebut.

5 dari 6 halaman

Kamu Sedang Stres

Kondisi stres dan banyak pikiran yang kamu alami bisa membuatmu kesulitan untuk tertidur. Dr. Bazil mengungkap bahwa stres merupakan salah satu penyebab utama gangguan tidur.

Stres yang berhubungan dengan pekerjaan merupakan salah satu penyebab umum dari masalah gangguan tidur ini. Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada jurnal Sleep di tahun 2014 mengungkap bahwa hal ini penyebab seseorang tidak beristirahat secara cukup.

Cara Mengatasinya: Dr. Bazil menyarankan untuk melakukan berbagai cara seperti meditasi, relaksasi, atau membayangkan hal tertentu agar tubuh menjadi santai sebelum tidur.

6 dari 6 halaman

Banyak Terbangun Saat Tertidur

Kondisi tak nyaman yang kamu alami saat tidur bisa membuatmu jadi sering terbangun pada malam hari. Hal ini bisa membuat jam tidur yang kamu miliki jadi kurang.

Sering terbangun bisa membuat kamu merasa kurang tidur dan lelah pada pagi harinya. Terbangun secara sering saat tidur juga bisa membuat kamu kurang konsentrasi dan memiliki mood yang jelek pada esok harinya.

Cara Mengatasinya: Gunakan penutup telinga, nyalakan bunyi-bunyian white noise, serta gunakan penutup mata agar tak mengalami gangguan. Hal ini bisa membuat tidurmu lebih nyenyak.

Jika sejumlah hal di atas tidak menjadi penyebab rasa lelahmu sebaiknya segera konsultasi ke dokter. Bisa jadi kamu tengah mengalami masalah kesehatan yang perlu ditangani. [RWP]

Baca juga:
Wanita yang Bangun Tidur Lebih Pagi Memiliki Risiko Kanker Payudara Lebih Rendah
Begini Cara Membedakan Apakah Kamu Sebenarnya Mengantuk atau Kelelahan
Ini Batas Waktu Minum Kopi untuk Tidur Malam yang Nyenyak
Bangun pagi setiap hari turunkan risiko kanker payudara hingga 48 persen

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini