6 Hal yang Bisa Jadi Penyebab Tanganmu Bergetar Tanpa Disadari

Kamis, 7 November 2019 00:31 Reporter : Rizky Wahyu Permana
6 Hal yang Bisa Jadi Penyebab Tanganmu Bergetar Tanpa Disadari Ilustrasi Tangan Gemetar. ©medicalnewstoday.com

Merdeka.com - Salah satu hal yang kadang tidak kamu sadari adalah tangan bergetar tanpa penyebab pasti. Hal ini bisa terjadi akibat stres secara situasional atau karena sejumlah penyebab lain.

Getaran tangan yang muncul ini bisa terjadi secara sementara namun juga dalam jangka panjang. Getaran di tangan yang terjadi dalam jangka panjang ini perlu diwaspadai dan kamu perlu berkonsultasi dengan dokter.

Menurut NorthShore University Health System and Neurological Institute, gemetar pada tangan bisa disebabkan karena berbagai bagian di otak tergantung kondisi. Cedera pada salah satu bagian otak bisa memunculkan getaran tangan yang tak terkontrol.

Terdapat berbagai alasan dan kondisi yang bisa menyebabkan kerusakan otak yang berujung tangan bergetar. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah penyebab tangan bergetar tanpa disadari.

1 dari 6 halaman

Konsumsi Kopi Berlebih

Salah satu penyebab utama tangan bergetar adalah akibat konsumsi kafein. Tingginya tingkat kafein di dalam tubuh bisa mempengaruhi fungsi otak, menyebabkan insomnia, rasa cemas, dan detak jantung yang meningkat.

Mengonsumsi kafein di atas 400 miligram dalam satu hari bisa berdampak pada otak. Hal ini bisa menyebabkan tangan bergetar akibat masalah di dalam otak.

2 dari 6 halaman

Hipertiroid

Ketika terdapat produksi berlebih hormon tiroid di dalam tubuh, kondisi ini dikenal sebagai hypertiroid. Terlalu banyaknya hormon ini bisa menyebabkan tangan bergetar. Hal ini biasanya juga disertai dengan meningkatnya detak jantung menyebabkan nyeri di dada serta menurunnya berat badan secara berlebihan.

3 dari 6 halaman

Efek Samping Obat

Tangan bergetar bisa jadi efek samping penggunaan obat seperti antidepresan, obat tekanan darah, dan asma. Hal ini bisa menujung masalah siste, saraf yang menyebabkan getaran pada otot tangan. Jika sejumlah obat yang kamu konsumsi menjadi penyebab hal ini, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

4 dari 6 halaman

Sakau Alkohol

Tangan bergetas merupakan reaksi umum dari kondisi sakau alkohol. Konsumsi alkohol secara berlebihan bisa mengubah susunan kimia otak. Tangan bergetas akibat sakau alkohol biasanya cukup parah pada 48 jam pertama dari minuman terakhir.

5 dari 6 halaman

Keracunan Merkuri

Menurut the National Institute of Neurological Disorders and Stroke, paparan merkuri bisa mempengaruhi sistem saraf tubuh yang menyebabkan tangan gemetar. Keracunan merkuri bisa berujung kerusakan jangka panjang selain tangan bergetar. Hal ini juga bisa menyuebabkan kesulitan berjalan, kerusakan memori, bahkan kebutaan.

6 dari 6 halaman

Gula Darah Rendah

Tingkat gula darah yang rendah bisa mempengaruhi otak dan jadi penyebab tremor di tangan dan kaki. Otak mengontrol kapasitas tubuh untuk tetap stabil. Tanpa gula darah yang cukup, hal ini bisa menyebabkan kerusakan permanen serta disfungsional.

Sejumlah hal tersebut bisa jadi penyebab getaran yang terjadi pada tangan. Namun ketika hal ini terjadi dalam jangka panjang maka sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter. [RWP]

Baca juga:
Pil Pengembali Keperawanan Dapat Picu Komplikasi Infeksi yang Bisa Berujung Kematian
Begini Cara Tepat untuk Mengetahui Apakah Anak Memiliki Berat Badan Sehat atau Tidak
Waspada! 5 Hal ini Bisa Jadi Penyebab Terjadinya Kerusakan Hati

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini