6 Cara sederhana untuk mengontrol produksi air kencing

Kamis, 15 Desember 2016 18:12 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
6 Cara sederhana untuk mengontrol produksi air kencing ilustrasi buang air kecil. © www.prevention.com

Merdeka.com - Buang air kecil adalah hal yang wajar dilakukan setiap hari. Buang air kecil secara teratur justru salah satu hal yang dilakukan agar tubuh tetap sehat. Namun ada juga orang yang bermasalah dengan kandung kemihnya sehingga sulit mengontrol pipis. Hal ini tentu menyulitkan, terutama jika Anda melakukan banyak aktivitas setiap hari.

Terlepas dari memeriksakannya ke dokter, pipis yang sulit dikontrol sebenarnya bisa dicegah. Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah keinginan pipis yang seringkali muncul tiba-tiba dan susah ditahan, seperti dilansir oleh Web MD.

1. Perhatikan asupan air

Kurang asupan air memang bisa menyebabkan dehidrasi, namun jangan sampai Anda terlalu banyak minum air. Ini juga bisa menyusahkan diri Anda sendiri. Bagi orang yang bermasalah dengan kandung kemih mereka minum enam sampai delapan gelas air sehari bisa menjadi masalah. Namun kurang air juga bisa menyebabkan masalah. Karena itu, sebaiknya perhatikan takaran air yang cukup untuk Anda. Tak terlalu banyak, juga tak terlalu sedikit.

2. Hindari alkohol

Alkohol memiliki efek langsung pada kandung kemih. Karena itu, hindari minuman ini. Alkohol memberikan efek negatif pada sinyal otak pada kandung kemih dan bisa membuat Anda lebih sulit mengontrol pipis. Selain itu, alkohol juga termasuk minuman diuretik yang memicu keinginan untuk pipis lebih sering.

3. Kurangi kafein

Kafein juga termasuk minuman diuretik yang bisa mempercepat pengeluaran cairan dari dalam tubuh dan membuat Anda lebih sering pipis. Kafein bisa terdapat pada berbagai jenis minuman seperti teh, cokelat, dan kopi. Jika Anda memiliki masalah dengan kandung kemih, hindari minuman yang mengandung kafein.

4. Hindari makanan pedas

Kandung kemih yang terlalu aktif akan menjadi semakin aktif ketika terkena makanan pedas. Makanan pedas bisa menyebabkan iritasi pada kandung kemih seperti halnya kafein. Karena itu, sebaiknya Anda menghindari makanan pedas.

5. Kurangi makanan asam

Makanan dan minuman yang asam seperti jeruk, nanas, dan lainnya akan mengganggu kandung kemih dan membuat Anda ingin lebih sering pipis. Tomat juga banyak mengandung asam. Karena itu, sebaiknya hindari minuman dan makanan yang asam untuk mencegah pipis yang tak terkontrol.

6. Minuman bersoda

Meski minuman bersoda tak mengandung kafein, namun bisa jadi buruk untuk Anda. Karbon dioksida pada minuman bersoda bisa mengiritasi kandung kemih yang sensitif dan membuat pipis tak terkontrol. Karena itu, hindari juga minuman bersoda.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah pipis yang tak terkontrol dan mengatasi kandung kemih yang terlalu aktif. Jika Anda memiliki kandung kemih aktif dan sering tak bisa mengontrol pipis, lakukan hal-hal di atas untuk mengatasinya! [feb]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini