5 Manfaat tertawa untuk kesehatan

Rabu, 15 Januari 2014 07:35 Reporter : Kun Sila Ananda
5 Manfaat tertawa untuk kesehatan Ilustrasi tertawa. ©Shutterstock.com/Djomas

Merdeka.com - Orang bilang, tawa adalah obat yang paling mujarab untuk segala penyakit. Tampaknya hal ini tak sekedar kiasan belaka. Karena ternyata tawa tak hanya membuat orang senang tetapi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Dr Rajendra Narayan Sharma dari Apollo Clinics mengungkap beberapa manfaat kesehatan dari tertaWa, seperti dilansir oleh Health Me Up (12/01), berikut ini.

2 dari 6 halaman

Merilekskan saraf dan otak

dan otak rev1Ilustrasi tertawa. ©Shutterstock.com/CREATISTA

Tawa bisa memberikan efek anti-stress selama 30 - 45 menit pada tubuh, otak, dan sistem saraf manusia. Tawa akan memicu hormon anti stres dan anti-depresi seperti cortisol dan endorphin sehingga membantu sistem saraf menjadi rileks dan tenang.

3 dari 6 halaman

Meningkatkan kekebalan tubuh

tubuh rev1Ilustrasi tertawa. ©Shutterstock/Khvost

Tertawa ditengarai mampu melepaskan T-cell dan sel pembunuh yang bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa tertawa bisa menguatkan sistem imun dan bahkan bisa digunakan dalam memerangi kanker.

4 dari 6 halaman

Meredakan stres kerja

kerja rev1Ilustrasi wanita tertawa. ©2013 Merdeka.com/shutterstock.com/lithian

Tertawa juga bisa meredakan depresi dan stres yang disebabkan oleh gaya hidup. Misalkan ketika Anda mengalami stres saat bekerja atau mengalami depresi akibat masalah yang menumpuk. Dengan tawa, Anda bisa mengurangi stres dan depresi tersebut.

5 dari 6 halaman

Membantu penyembuhan diabetes

diabetes rev1Ilustrasi pria tertawa. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/vgstudio

Tertawa juga memiliki manfaat yang hebat bagi Anda yang memiliki penyakit diabetes dan tekanan darah tinggi. Penelitian mengungkap bahwa tawa bisa membantu pasien diabetes dan hipertensi menjadi lebih sehat. Obat-obatan yang dipadukan dengan terapi tertawa bisa memberikan hasil yang lebih maksimal terhadap pasien diabetes dan hipertensi.

6 dari 6 halaman

Untuk calon ibu dan janin

ibu dan janin rev1Ilustrasi ibu dan bayi. ©©2012 Shutterstock/SvetlanaFedoseyeva

Dr Shilpa Apte dari Appolo Cradle juga mengungkap efek tawa pada calon ibu dan janin dalam kandungannya. Tawa yang dialami ibu bisa memberikan efek yang positif pada bayi yang dikandungnya. Ketika ibu bahagia dan sering tertawa, maka tingkat stres yang dirasakan calon ibu juga menurun. Dengan begitu, hal ini akan membantu pertumbuhan bayi dalam kandungannya. Kebanyakan pertumbuhan bayi terhambat jika ibu mengalami stres saat hamil.

Itulah beberapa manfaat tertawa untuk kesehatan. Jangan terlalu serius menghadapi hidup. Anda juga harus mencari hiburan dan membiarkan diri Anda tertawa lepas. Karena tertawa tak hanya menyehatkan otak dan jiwa, melainkan juga tubuh Anda.


Baca juga:
Ini cara makanan cepat saji turunkan berat badan
8 Makanan ini ampuh redakan rasa lelah
6 Alasan perlunya memiliki hewan peliharaan untuk kesehatan
3 Cara alami tubuh melawan hawa dingin
Ternyata, efek bercinta sama dengan jogging 30 menit!
10 Jenis olahraga ini akan menjadi tren di tahun 2014!

[kun]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kebugaran
  3. Top List
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini