5 Faktor yang bikin menstruasi tak kunjung usai

Senin, 29 Mei 2017 16:21 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
5 Faktor yang bikin menstruasi tak kunjung usai Ilustrasi menstruasi. ©Shutterstock.com/Ivancovlad

Merdeka.com - Setiap bulannya, wanita mengalami menstruasi yang terjadi karena sel telur yang tidak dibuahi. Durasi menstruasi yang normal biasanya berlangsung 3-5 hari.

Lalu, bagaimana jika kamu mengalami menstruasi dengan durasi yang panjang yaitu lebih dari 8 hari? Seperti dilansir dari boldsky.com, ini dia sebabnya.

Pendarahan abnormal

Pendarahan uterus yang abnormal ini disebabkan karena ketidakseimbangan hormon dalam tubuh. Pendarahan ini mengindikasikan siklus anovulasi, suatu kondisi dimana ovarium tidak menghasilkan telur namun terjadi pendarahan di rahim.

Gangguan pendarahan

Gangguan pendarahan biasanya terjadi pada anak perempuan selama masa pubertas mereka. Kondisi ini bisa terjadi karena tubuh kekurangan vitamin dan mineral.

Penyakit tiroid

Menstruasi berkepanjangan juga bisa terjadi akibat rendahnya kadar hormon tiroid dalam tubuh. Oleh karena itu kamu perlu berkonsultasi dengan dokter agar terhindar dari komplikasi lebih lanjut.

Hiperprolaktinemia

Hiperprolaktinemia terjadi karena tingginya tingkat prolaktin, hormon yang dibutuhkan untuk perkembangan payudara dan menginduksi menyusui pada wanita. Itulah sebabnya gangguan ini biasanya terjadi pada wanita yang sedang menyusui.

Perimenopause

Perimenopuase atau menopause dini juga bisa membuat wanita mengalami menstruasi dengan durasi yang panjang, lho. Biasanya menopause dini terjadi antara usia 40-45 tahun. [feb]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini