5 Cara Atasi Bau Tak Sedap pada Organ Intim Wanita

Minggu, 29 September 2019 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
5 Cara Atasi Bau Tak Sedap pada Organ Intim Wanita Ilustrasi bau mulut. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/CREATISTA

Merdeka.com - Sejumlah hal bisa terjadi pada organ kewanitaan. Salah satu hal yang menjadi masalah dan sangat mengganggu adalah munculnya bau tak sedap pada bagian intim tersebut.

Untuk mengatasi masalah yang muncul pada organ kewanitaan ini, penting mengetahu penyebab terjadinya masalah itu. Ketahui penyebab atau konsultasi dengan dokter untuk memastikan apa penyebabnya.

Munculnya bau tak sedap pada vagina ini bisa disebabkan karena sejumlah hal yang kamu alami. Hal ini tidak hanya sebatas kebersihan yang buruk pada area intim tersebut. Sejumlah hal juga bisa menjadi penyebabnya.

Terdapat sejumlah solusi yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi bau tak sedap yang muncul ini. Dilansir dari Boldsky, berikut sejumlah cara untuk mengatasi bau tak sedap yang muncul di area intim wanita.

1 dari 5 halaman

Jaga Kebersihan Pribadi

Menjaga kebersihan pribadi memainkan peran yang penting untuk mencegah munculnya bau tak sedap pada aera intim. Bersihkan daerah genital secara rutin, terutama jika tubuh sedang berkeringat lebih dari biasanya.

Ingatlah untuk selalu bersihkan atau basuh vagina secara menyeluruh sebelum keluar dari toilet dan setelah berhubungan seks. Kebersihan yang baik juga bisa mencegah munculnya sejumlah penyakit lain.

2 dari 5 halaman

Jangan Gunakan Produk Kimia Keras

Membersihkan daerah genital secara berlebihan bisa berakibat buruk pada kesehatan vagina. Hal ini dapat mempengaruhi keseimbangan pH normal vagina yang memicu tumbuhnya bakteri dan bau tak sedap.

Ketika membersihkan area intim, selalu perhatikan produk yang kamu gunakan. Usahakan untuk menghindari produk dengan kandungan bahan kimia yang keras karena bisa memunculkan masalah lain.

3 dari 5 halaman

Gunakan Celana Dalam Berbahan Katun

Pilihan bahan celana dalam sangat menentukan kesehatan area intim. Pilihlah bahan yang tepat untuk menghindari bau serta menjaga kesehatannya secara tepat.

Pilih celana dalam berbahan katun karena mampu membuat daerah genital tetap kering dan mengurangi bau tak sedap di sekitar vagina. Pastikan hindari bahan sintetis karena bisa menimbulkan bau tak sedap pada area intim.

4 dari 5 halaman

Gunakan Cuka Apel

Cuka apel memiliki sifat alami sebagai anti-bakteri yang biasa digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi bau genital. Tambahkan satu hingga dua cangkir cuka sari apel ke air mandi dan gunakan untuk membersihkan area genital Anda.

Cuka bisa memiliki efek membantu untuk membuang racun dan bakteri yang menyebabkan bau di sekitar kelamin. Bahan ini bisa membantu menghindari masalah bau yang kamu alami.

5 dari 5 halaman

Konsumsi Yogurt

Infeksi jamur bisa jadi penyebab munculnya bau tak sedap pada organ kewanitaanmu. Untuk menghilangkan bau ini, minuman yang kamu konsumsi bisa jadi jalan keluar.

Yogurt bisa jadi pilihan untuk mengenyahkan bau tak sedap ini. Minuman ini memiliki kandungan lactobacillus yang membantu dalam mengembalikan tingkat pH normal vagina. Untuk mengatasi masalah ini, disarankan untuk mengonsumsi dua sendok plain yogurt setiap harinya.

Lima hal tersebut bisa jadi cara tepat untuk mengatasi bau tak sedap pada organ intim wanita. Lakukan segala hal tersebut untuk mencegah munculnya bau tak sedap serta menjaga kesehatannya. [RWP]

Baca juga:
Begini Cara Mengatasi Otot Organ Kewanitaan yang Mengendur

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini