4 Keadaan yang bikin kamu tak wajib minum air putih

Senin, 13 Maret 2017 18:29 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
4 Keadaan yang bikin kamu tak wajib minum air putih Ilustrasi minum air putih. Shutterstock/aslysun

Merdeka.com - Air adalah solusi dari segalanya, termasuk dengan kesehatan tubuh. Air membantu tubuhmu agar terhidrasi dengan baik, mencegah makan secara berlebihan, hingga membantu untuk membakar kalori dengan baik.

Meski air sangatlah penting untuk kesehatan, namun kamu tak disarankan untuk minum air terlalu banyak sebab bisa menimbulkan penyakit yang disebut dengan hiponatraemia dimana tubuh kekurangan natrium akibat terlalu banyak air.

Selain dilarang minum terlalu banyak air putih, kamu juga dilarang untuk minum di waktu atau keadaan berikut ini.

Ketika kamu sudah minum cukup air

Saat kamu merasa bahwa kamu sudah minum air cukup banyak, maka hentikan konsumsi air putihmu. Sebab minum terlalu banyak air bisa merusak keseimbangan alami garam dalam tubuh.

Ketika air kencingmu berwarna bening

Warna air kencing adalah indikator dari kesehatan tubuhmu. Jika air kencingmu berwarna kuning gelap, maka berarti kamu kurang minum. Namun saat air kencingmu bening, maka konsumsi air minum dalam tubuhmu sudah cukup dan kamu tidak disarankan untuk banyak minum air putih.

Ketika kamu mengonsumsi makanan berat

Minum air putih sebelum mengonsumsi makanan berat akan membuatmu cepat kenyang dan berakhir dengan sedikitnya makanan yang kamu konsumsi. Hal ini bisa berdampak buruk pada kesehatanmu.

Setelah kamu berolahraga terlalu keras

Setelah melakukan olahraga terlalu intens atau terlalu keras, kamu disarankan untuk minum air kelapa untuk mengganti elektrolit tubuh yang hilang akibat berolahraga. [feb]

Baca juga:

4 Keuntungan dari minum air putih setelah bangun tidur

Minum air putih saat perut kosong? Ini 10 efeknya untuk tubuh

Kenapa saat flu disarankan untuk banyak minum air?

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini