10 Hal yang Tidak Boleh Kamu Lakukan Usai Berolahraga

Senin, 21 Oktober 2019 19:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
10 Hal yang Tidak Boleh Kamu Lakukan Usai Berolahraga ilustrasi olahraga. ©www.bodybuilding.com

Merdeka.com - Untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh yang kamu miliki sehari-hari, olahraga merupakan cara yang paling tepat. Cara ini bisa membuat tubuhmu tetap bugar sembari menghilangkan sejumlah masalah kesehatan lain.

Olahraga merupakan salah satu hal yang penting dilakukan sehari-hari karena berbagai alasan. Ketika kamu kurang berolahraga, kamu bakal mengalami peningkatan risiko dari berbagai penyakit.

Walau begitu, olahraga juga tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Terdapat berbagai hal yang harus kamu patuhi dan perhatikan untuk mendapat manfaat dari olahraga ini.

Selain saat olahraga, hal yang kamu lakukan sebelum dan sesudah berolahraga juga penting untuk diperhatikan. Pasalnya, hal ini bisa berhubungan dengan dampak yang bisa kamu peroleh usai berolahraga.

Rasa lelah usai berolahraga, bisa membuat seseorang menjadi sedikit sembrono usai berolahraga. Dilansir dari Live Strong berikut sejumlah hal yang sebaiknya tidak kamu lakukan usai berolahraga.

1 dari 10 halaman

Langsung Mengecek Ponsel

Sebaiknya kamu tunggu beberapa waktu dulu sebelum langsung mengecek ponsel setelah berolahraga. Hal ini bisa membantu kamu memperoleh dampak yang optimal dari olahraga yang telah dilakukan.

"semakin cepat kamu memeriksa ponsel, maka euforia setelah olahraga bisa hilang," terang Erin Moone, pendiri dari StarCycle.

"Beri waktu beberapa menit untuk meresapi perasaanmu baik secara fisik maupun mental," sambungnya.

2 dari 10 halaman

Meremehkan Upayamu

Usalakan untuk selalu puas dan mengapresiasi hal yang telah kamu lakukan. Banyak orang meremehkan upaya yang dilakukan dalam berolahraga. Ketika kamu cukup memberi apresiasi pada dirimu, maka mentalmu bakal lebih siap pada sesi olahraga selanjutnya.

3 dari 10 halaman

Melewatkan Pendinginan

Usai berolahraga, banyak orang terburu-buru untuk menyelesaikan urusan mereka selanjutnya dan melawatkan bagian terpenting yaitu pemulihan. Mendinginkan tubuh usai berolahraga sangat penting untuk pemulihan tubuh dan membuat tubuh memperoleh dampak maksimal.

Dilakukan untuk melakukan pendinginan ini dalam beberapa sesi singkat. Cara ini bisa membantu menghilangkan lelah lebih cepat serta membantu tubuhmu pulih.

4 dari 10 halaman

Tidak Segera Ganti Baju

Berlama-lama menggunakan baju yang sama dengan ketika berolahraga merupakan kesalahan yang terlihat sepele namun mampu menimbulkan efek. Menggunakan baju yang basah oleh keringat bisa berdampak pada tubuh berupa suhu tubuh yang tidak sesuai untuk melakukan pemulihan. Masalah ini juga bisa menimbulkan dampak pada kesehatan kulit.

5 dari 10 halaman

Makan Besar

Usai lelah berolahraga, banyak orang yang ingin memberi 'hadiah' bagi diri sendiri dengan makan besar. Namun hal ini justru bisa menimbulkan masalah. Pasalnya, kamu baru disarankan untuk makan 30 menit setelah berolahraga dan itu pun dalam jumlah tak terlalu besar dan bernutrisi karena sistem pencernaanmu masih dalam kondisi menurun.

6 dari 10 halaman

Langsung Mengonsumsi Vitamin dan Suplemen

Banyak orang langsung mengonsumsi vitamin dan suplemen setelah olahraga untuk mempercepat pemulihan mereka. Namun pada dosis besar, hal ini justru bisa mengganggu adaptasi yang dilakukan oleh tubuh usai berolahraga. Hal ini bisa membuatmu kesulitan untuk menyesuaikan diri pada sesi olahraga selanjutnya.

7 dari 10 halaman

Duduk Atau Tiduran

Rasa lelah usai olahraga membuat kita kerap ingin duduk-duduk atau tiduran. Hal ini rupanya juga tidak disarankan untuk dilakukan. Fisiolog olahraga, Omega Zumpano mengatakan bahwa ketika kamu duduk atau tiduran selama satu jam setelah olahraga, darah bakal berkumpul di satu titik sehingga pemulihan lebih sulit dilakukan.

"Hal ini menyebabkan otot lebih lelah dan terhambatnya masa pemulihan," jelas Zumpano.

8 dari 10 halaman

Menimbang Tubuh

Terlalu terobsesi dengan naik atau turunnya berat badan bisa berdampak buruk terhadap upaya menurunkan berat badan yang kamu lakukan. Hasil baik dan buruk yang kamu dapat dari olahraga bisa berdampak buruk terhadap olahraga yang kamu lakukan.

9 dari 10 halaman

Konsumsi Alkohol

Konsumsi alkohol setelah berolahraga merupakan hal yang bisa berdampak sangat buruk terhadap tubuhmu. Pasalnya, dalam kondisi tubuhmu yang tengah siaga, konsumsi alkohol bisa sangat berdampak dibanding biasanya.

Konsumsi alkohol setelah berolahraga bisa menurunkan sintetis protein otot secara seketika. Hal ini bisa memperlambat pemulihan tubuh yang kamu lakukan dan bahkan membuatmu terbangun dengan perasaan tak nyaman.

10 dari 10 halaman

Kurang Minum Air

Banyak orang kadang terlupa mengonsumsi air dalam jumlah cukup usai berolahraga. Ketika kamu dehidrasi, pemulihan tubuhmu bakal melambat, sintetis protein otot menurun, dan juga tubuh kekurangan air untuk menghilangkan sampah yang diproduksi dari kerusakan otot.

Disarankan untuk segera minum air tanpa harus menunggu kamu merasa haus. Selain itu pastikan juga air kencingmu memiliki warna kuning pucat, karena ketika warnanya semakin gelap, maka artinya kamu mengalami dehidrasi.

Sejumlah kesalahan tersebut kerap dilakukan banyak orang usai berolahraga. Usahakan untuk menghindari hal-hal tersebut agar olahraga yang kamu lakukan benar-benar berdampak positif terhadap tubuh. [RWP]

Baca juga:
Begini 10 Cara Jaga Kesehatan Mata Akibat Penggunaan Gawai
Dokter Spesialis Jantung Ingatkan untuk Mulai Check Up Sejak Usia 20-an

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini