Wiranto Harap Pendukung Prabowo Ikuti Seruan Tak Ramaikan MK saat Sidang Pemilu

Kamis, 13 Juni 2019 16:44 Reporter : Merdeka
Wiranto Harap Pendukung Prabowo Ikuti Seruan Tak Ramaikan MK saat Sidang Pemilu wiranto. ©2019 Merdeka.com/putu merta

Merdeka.com - Menkopolhukam Wiranto memuji seruan Capres Prabowo Subianto kepada pendukungnya agar tidak meramaikan Mahkamah Konstitusi selama sidang sengketa pilpres.

"Dengan pernyataan Pak Prabowo kemarin, kita betul-betul sangat mengapresiasi. Saya menaruh hormat betul atas pernyataan beliau untuk mengajak para pendukungnya, para simpatisannya untuk melakukan langkah-langkah yang positif, menghormati hukum, menjaga perdamaian, kerukunan. Bahkan beliau kata-katanya memohon kepada para pendukungnya untuk tidak berbondong-bondong ke Mahkamah Konstitusi," ucap Wiranto di kantornya, Jakarta, Kamis (14/6).

Dia berharap, itu bisa dijalankan dan diikuti oleh para pendukungnya Prabowo-Sandiaga. Hal itu penting agar situasi tetap berjalan aman dan damai.

"Kita berharap memang dapat dipatuhi oleh para pendukung beliau, para simpatisan beliau. Dan saya yakin kalau itu dipatuhi dan ditaati maka tentu suhu politik menjadi dingin kembali, keamanan menjadi terjaga," jelas Wiranto.

Terkait keamanan besok, Wiranto memastikan Kepolisian maupun TNI sudah terus bersiaga penuh untuk menjaga berbagai kemungkinan yang mungkin dapat terjadi.

"Jadi aparat keamanan selalu waspada, menjaga keamanan dan kemungkinan yang terjadi, sudah diantisipasi. Sehingga masyarakat supaya tenang, baik di ibukota maupun di daerah-daerah yang kita anggap kritis, saya kira aparat keamanan terus berjaga-jaga," tandas Wiranto.

Sebelumnya, Prabowo mengatakan, memang ada delegasi untuk dampingi tim hukum. Namun tidak perlu berbondong-bondong dengan jumlah massa besar untuk menghindari fitnah dan provokator.

Menurut dia, pihaknya percaya pada hakim MK. Apapun keputusan MK, lanjut dia, harus disikapi dengan dewasa, tenang, berpikir untuk kepentingan bangsa dan negara.

"Kami mohon Anda percaya pada kami akan berbuat untuk bangsa dan negara. Kami selalu pikirkan yang terbaik untuk kepentingan rakyat," kata Prabowo dalam sebuah rekaman video yang beredar di Jakarta, seperti dilansir Antara, Selasa 11 Juni 2019.

Prabowo menjelaskan dirinya dan Sandiaga telah memutuskan untuk menyerahkan persoalan terhadap hasil Pemilu 2019 melalui jalur hukum dan konstitusional.

Dia juga mengatakan dirinya dan Sandiaga terus berpandangan dan bertekad untuk melakukan aksi damai dan menghindari kekerasan.

Reporter: Putu Merta Surya Putra [ray]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini