Tak Setuju Hukuman Mati, PDIP Pilih Koruptor Dimiskinkan

Rabu, 11 Desember 2019 17:55 Reporter : Merdeka
Tak Setuju Hukuman Mati, PDIP Pilih Koruptor Dimiskinkan PDI Perjuangan bicara Soal War Room. ©2019 Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - PDIP tidak setuju koruptor dihukum mati. Partai penguasa itu lebih setuju koruptor dimiskinkan dan diberi sanksi sosial berat.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto setuju pemberatan hukuman terhadap koruptor. Namun jenis hukumannya lebih baik pemiskinan dan sanksi sosial berat lainnya dibanding hukuman mati.

Dia menegaskan, korupsi memang membunuh kemanusiaan. Namun, Pancasila sebagai ideologi negara juga memiliki prinsip kemanusiaan yang adil dan beradab.

Sehingga, lanjut Hasto, tentu saja hukuman seberatnya bagi koruptor adalah relevan karena daya rusaknya terhadap sistem serta semangat pendirian republik. Namun, akibat nilai kemanusiaan yang ada, hukuman mati cenderung kurang pas dengan ideologi bangsa.

"Jadi PDI Perjuangan merasa bahwa dengan jalan koruptor dimiskinkan, bahkan ada koruptor yang dilakukan hukuman seumur hidup, itu jauh lebih relevan mengingat kita juga terikat dengan konvensi-konvensi yang menghapuskan hukuman mati tersebut," kata Hasto, di Jakarta, Rabu (11/12).

1 dari 1 halaman

Cara lainnya selain pemiskinan dan hukuman seumur hidup, menurut dia, adalah pencabutan hak politik. Semuanya bisa dikombinasikan demi memberi efek jera terhadap pelaku korupsi.

Lebih jauh mengenai hukuman mati, Hasto menyatakan bahwa siapapun harus berhati-hati bila menyangkut kehidupan seorang manusia. Karena tak ada satu manusiapun yang memiliki kuasa atas hak hidup seseorang. Bahkan manusia justru harus bisa merawat nyawa kehidupan.

"Jadi PDI Perjuangan menyetujui sanksi yang seberat-beratnya seperti pemiskinan terhadap koruptor bahkan sanksi sosial, tetapi untuk hal sifatnya terkait hak hidupnya itu harus dipertimbangkan dengan matang," pungkasnya.

Reporter: Putu Merta Surya Putra

Sumber: Liputan6.com [rnd]

Baca juga:
Wapres Ma'ruf Amin Bicara Hukuman Mati dari Kacamata UU dan Hukum Agama
Demokrat Soal Wacana Hukuman Mati koruptor: Kembali ke Political Will Jokowi
Pimpinan KPK Tak Tertarik Bahas Hukuman Mati Buat Koruptor
Apa Mungkin Koruptor di Indonesia Dihukum Mati?

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini