Tak Lolos DPR, Roy Suryo Salahkan Praktik Politik Uang di Yogyakarta

Selasa, 14 Mei 2019 19:27 Reporter : Purnomo Edi
Tak Lolos DPR, Roy Suryo Salahkan Praktik Politik Uang di Yogyakarta Roy Suryo. ©kapanlagi.com

Merdeka.com - Mantan Menpora era SBY, Roy Suryo gagal maju menjadi anggota DPR RI. Dia yang maju lewat Partai Demokrat di Dapil DIY mendapatkan 24.415 suara.

Roy menyebut jika berbagai upaya telah dilakukan untuk menarik simpati masyarakat dan meraih suara maksimal. Bahkan Roy mengaku jika dirinya hingga jungkir balik di masa kampanye.

"Soal suara, monggo saja. Kerja berat sudah dilaksanakan dengan sebaik-baiknya (sampai "Jungkir Balik") intensif selama 7 bulan terakhir. Namun rupanya Allah SWT berkehendak lain," katanya saat dihubungi, Selasa (14/5).

"Total perolehan suara saya sendiri 24.415. Itu sudah di atas suara perolehan partai 19.951. Namun karena total suara partai dan semua caleg hanya sejumlah 62.708 maka Partai Demokrat di Dapil DIY untuk periode ini tidak berhasil menempatkan Wakilnya di DPR," sambung Roy.

Dia mengungkapkan, fenomena politik uang membuat raihan suaranya tidaklah maksimal. Roy menyebut sebagai kader sejati yang taat pada garis partai, dirinya tidak melakukan praktik politik uang sebagaimana yang dilakukan oleh orang lain.

"Kalau soal penyebab tidak maksimalnya ini semua terus terang tidak terlepas dari maraknya praktik-praktik money politic yg sangat marak tidak hanya sebelum pileg, namun juga saat hari-H dan bahkan ketika rekapitulasi suara berjenjang banyak oknum-oknum yang melakukan hal tersebut," ungkapnya.

"Karena memang DNA Partai Demokrat tidak memperbolehkan hal tersebut (politik uang). Maka saya legowo menerima ini (kegagalan maju sebagai anggota DPR RI) semua dibandingkan jika harus memenangkannya dengan cara-cara yang tidak terpuji tersebut," tambah Roy.

Pakar telekomunikasi dan informatika ini menambahkan jika dirinya akan fokus menyelesaikan masa tugasnya sebagai anggota DPR RI. Roy sendiri masih akan menjabat sebagai anggota DPR RI hingga September 2019 mendatang.

"Untuk seluruh rekan-rekan yang berhasil kembali mendapatkan kursinya, baik di DPRD-Kabupaten/Kota, DPRD-Propinsi dan DPR-RI saya haturkan selamat dan sukses. Semoga benar-benar amanah bisa membawa nama baik Partai Demokrat ke depan dan tidak terjebak dengan hal-hal yg di luar DNA Partai Demokrat di atas. Saya sendiri Insya Allah akan menyelesaikan periode di DPR-RI ini sebaik-baiknya sampai masa tugas berakhir September 2019 mendatang," pungkas Roy. [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini