Puan Maharani Sebut Wacana Penambahan Anggota Koalisi akan Dibahas Bersama Jokowi

Jumat, 26 Juli 2019 17:12 Reporter : Merdeka
Puan Maharani Sebut Wacana Penambahan Anggota Koalisi akan Dibahas Bersama Jokowi Puan Maharani. ©2015 merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani mengatakan pembahasan soal masuknya partai oposisi ke koalisi Jokowi-Ma'ruf Amin belum dibahas. Dia menyebut wacana penambahan anggota koalisi akan dibahas bersama Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi)

"Ini dibicarakan dan didiskusikan dengan Presiden. Dan masih lama lah," kata Puan di Restoran Seribu Rasa, Menteng, Jakarta, Jumat (26/7).

Dia menyebut komunikasi dan silaturahmi dengan partai-partai pendukung Prabowo-Sandiaga terus berjalan. Menurutnya, hal tersebut wajar dilakukan sebagai tradisi adat ketimuran.

"Ini kan dibicarakan. Kalau ada pertemuan-pertemuan, ada silahturahmi-silahturahmi, saya rasa itu politik dinamis ya. Silahturahmi sebagai masyarakat bangsa timur ya harus dibangun," ujarnya.

Puan menghadiri pembubaran TKN Jokowi-Ma'ruf. Setelah dibubarkan, belum ditentukan apakah bakal dibentuk wadah baru semacam Sekber atau Setgab seperti era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono atau tidak.

Menko PMK ini menuturkan, hingga saat ini pembahasan soal wadah baru usai TKN dibubarkan belum dilakukan. "Sampai sekarang tidak ada wacana untuk membuat suatu wadah kembali saat TKN ini selesai," tandas Puan.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani mengatakan akan ada pertemuan antar Sekjen Koalisi Indonesia Kerja pendukung Jokowi-Ma'ruf Amin. Dalam pertemuan itu tidak tertutup kemungkinan akan ada pembahasan penambahan partai di koalisi Jokowi.

"Tidak tertutup kemungkinan seperti itu, tentu di antara kami ada yang membuka bicara soal perlu tidaknya menambah itu kan pasti terjadi diskusi di situ," kata Arsul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (25/7).

Kemudian, Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional Moeldoko membuka kemungkinan adanya partai politik baru yang akan bergabung ke koalisi Jokowi-Ma'ruf Amin. Namun, Moeldoko menyatakan meski tanpa penambahan parpol baru, koalisi pemerintah saat ini masih solid.

"Kami masih meyakini penuh bahwa koalisi yang terbangun cukup baik, bahkan koalisi itu bisa plus-plus kan begitu. Jadi bukan hanya hotel aja yang plus-plus, koalisi plus-plus bisa kan," ujar Moeldoko.

Reporter: Putu Merta Surya Putra [ray]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini