Prabowo Beberkan Keberhasilan Orde Baru

Minggu, 3 Maret 2019 17:09 Reporter : Merdeka
Prabowo Beberkan Keberhasilan Orde Baru Prabow. ©2019 Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto sempat membahas mengenai Orde Baru ketika memberikan sambutan pada kegiatan konsolidasi nasional Aliansi Pencerah Indonesia (API) bersama eksponen Muhammadiyah di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat. Dia menyebut selama 32 tahun Orde Baru tampak adanya keberhasilan rakyat Indonesia.

"Katakanlah 20 tahun pertama, 25 tahun pertama, ada suatu keberhasilan untuk rakyat dan negara. Bahkan kita melihat dulu sampai di Orde Baru, Orde Baru lah yang melahirkan ICMI," kata Prabowo, Minggu (3/3).

Dia menyebut di masa Orde Baru yang memungkinkan adanya peranan anak-anak muda muslim untuk berkarya ataupun berbakti kepada lembaga yang memiliki pengaruh saat itu. Prabowo juga menilai tercapainya swasembada pangan juga terjadi di pemerintahan Orde Baru.

"Tercapai produksi di segala bidang, meningkat. Kita melihat dulu adanya pesawat terbang buatan putra-putri Indonesia, terbang. Dulu kita adalah bangsa yang dihina, Belanda bilang kita bikin peniti saja tidak bisa," ucapnya.

Tak hanya itu, dia juga menyebut pada masa itu pertumbuhan ekonomi mencapai 8 persen setiap tahun. Akan tetapi, setelah tahun 1997 nilai rupiah langsung anjlok.

"Kita menjadi anak emas daripada barat. Kita menjadi The Darling of The World Bank. Tahun 1996, 1997 mereka selalu mengatakan the fundamental of the Indonesian economy is very strong. Tetapi enam bulan kemudian rupiah kita hancur," papar dia.

Prabowo mengakui telah mengetahui penyebab terjadinya peristiwa itu. Dia berencana berkeliling Indonesia untuk memberitahukan penyebabnya kepada masyarakat.

"Ini masalah penyakit bangsa Indonesia yang paling fundamental. Ini harus saya sadarkan rakyat saya. Saya harus keliling untuk beri tahu, 20 tahun yang lalu," jelasnya.

Reporter: Ika Defianti
Sumber: Liputan6.com [eko]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini