Pidato di Rakernas, Megawati Puji Sejumlah Kepala Daerah dari PDIP yang Berhasil

Jumat, 10 Januari 2020 20:06 Reporter : Merdeka
Pidato di Rakernas, Megawati Puji Sejumlah Kepala Daerah dari PDIP yang Berhasil Megawati di Rakernas dan HUT ke 47 PDIP. ©2020 Liputan6.com/Putu Merta Surya Putra

Merdeka.com - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri memberikan ucapan terima kasih kepada kader-kader PDIP yang dinilainya berhasil dalam membangun daerah. Hal ini disampaikannya saat membuka Rakernas I dan HUT PDIP ke 47 di JI Expo Kemayoran, Jakarta.

"Saya berterima kasih kepada kader-kader PDIP yang memberikan baktinya kepada daerah masing-masing," kata Megawati, Jumat (10/1).

Dia ingin menyebutkan beberapa nama yang dianggapnya berhasil. "Saya ingin sebutkan beberapa, tetapi bukan tidak banyak, tetapi dalam kesempatan hari ini, saya tidak bisa mengucapkan rasa terima kasih saya kepada semua," jelas Megawati.

Dia pun mengungkapkan terima kasih kepada Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. "Saya sebagai Ketua Umum, sangat berterima kasih terutama kepada Ibu Risma di Surabaya. Beliau seorang wanita yang cerewetnya bukan main. Tetapi kalau saya berbicara berdua, kita selalu bilang enggak apa-apa ya bu. Kita perempuan, memang harus cerewet," cerita Megawati.

Presiden Kelima RI ini juga menyebut Bupati Banyuwangi Azwar Anas dan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi atau akrab disapa Hendi.

"Azwar Anas dari Banyuwangi, Hendi dari Semarang, Ganjar Pranowo dari Jawa Tengah. Siapa lagi ya? Itulah susahnya karena banyak bapak Presiden. Jadi hafalkannya sering kali lupa. Tetapi itulah contoh-contoh yang telah bekerja mengabdi bagi daerahnya masing-masing," tukasnya.

Terakhir Megawati pun mengingat nama satu lagi. Yakni Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta.

"Oh iya, Giri dari Badung Bali. Siapa lagi ya? Cukuplah," pungkasnya.

1 dari 2 halaman

Pameran Rempah di Rakernas PDIP

Setelah membuka Rakernas I dan HUT PDIP ke 47, Megawati bersama Sekjen Hasto Kristiyanto dan Ketua Pusat Analisis dan Pengendalian Situasi PDIP Prananda Prabowo berkeliling melihat pameran rempah yang ada di sana.

Semuanya menggunakan mobil golf untuk ke lokasi. Sesekali, Hasto terlihat berbicara dengan Megawati. Diskusi tampak ringan, karena Megawati tampak beberapa kali tersenyum dalam pembicaraan tersebut.

Seperti diketahui, pameran rempah-rempah ini merupakan bagian yang ingin ditonjolkan PDIP di Rakernas I.

Sementara itu, jamu yang disediakan PDIP untuk peserta dan pengunjung habis tak bersisa. Seluruh jamu yang diedarkan baik di pameran rempah-rempah dan digendong oleh ibu-ibu, semuanya ludes diminum para peserta dan pengunjung.

Kegiatan minum jamu ini memang menjadi agenda utama pembuka Rakernas I PDIP. Agenda ini sebagai salah satu upaya menggaungkan kembali kejayaan rempah khas nusantara. Agenda ini diberi nama 'minum jamu berjemaah'.

Sebelumnya, dalam pidato politiknya Megawati mengatakan PDIP sengaja mengambil tema 'Solid Bergerak Wujudkan Indonesia Negara Industri Berbasis Riset dan Inovasi Nasional' agar kebijakan pembangunan bersandar pada kondisi objektif dan potensi ekonomi dengan melibatkan seluruh kekuatan bangsa.

"Kebijakan pembangunan harus berlandaskan riset dan inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang tentu saja tetap berpedoman pada ideologi pancasila. Artinya, pancasila wajib diimplementasikan dalam kebijakan pembangunan segala bidang yang terencana terukur terarah berbasis pada riset kepada kebutuhan ril rakyat," kata Megawati.

2 dari 2 halaman

Dihibur Didi Kempot

Selain ada pameran rempah dan jamu, penyanyi Didi Kempot menghangatkan peringatan HUT ke-47 dan pembukaan Rakernas I. Dia menjadi tamu kejutan yang mengisi rangkaian acara yang penuh dengan pagelaran seni.

"Selamat ulang tahun PDIP yang ke-47," teriak Didi Kempot sebelum menggebrak dengan lagu pertama Sewu Kutho. Selanjutnya dia menyanyikan lagu Banyu Langit dan Stasiun Balapan.

Didi Kempot tampak luwes dan lepas bernyanyi dihadapan Presiden RI, Wakil Presiden bersama Ketua Umum PDI Megawati Soekarnoputri serta puluhan tamu VVIP serta ribuan peserta yang menghadiri HUT ke-47 PDIP dan Rakernas I di Jiexpo, Jumat (8/1/2020).

Setelah menyanyikan lagu itu, peserta Rakernas meminta lagu Pamer Bojo. Tapi sambil bercanda, Didi menolak permintaan itu. Kemudian naik ke atas panggung para artis Nusantara bersama Didi Kempot menyanyikan lagu Pancasila Rumah Kita karya Franky Sahilatua.

Usai lagu itu, Didi Kempot kembali tampil dan diapun mewujudkan keinginan peserta dengan menyanyikan lagu Pamer Bojo. Suasana semakin meriah. Lagu itu sekaligus menjadi pamungkas acara peringatan HUT PDIP.

Reporter: Putu Merta Surya Putra

Sumber: Liputan6.com [bal]

Baca juga:
Menhan Prabowo Hadiri Rakernas dan HUT ke-47 PDI Perjuangan
Pukul Bedug, Jokowi-Ma'ruf Amin-Megawati Buka Rakernas dan HUT ke-47 PDIP
Megawati soal Natuna: Kedaulatan Bukan Hal yang Dapat Dinegosiasikan
Megawati: Sanggup Kita Menang 3 Kali? Jadilah Banteng Otot Kawat Tulang Besi
Megawati: Jangan Menjadi Politisi Populis yang Sibuk Obok-obok Emosi Rakyat
Di HUT PDIP, Jokowi Banggakan Pertumbuhan Ekonomi RI Hingga Biodiesel

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini