Pengamat Sesalkan Jokowi dan Prabowo Mendominasi di Debat Capres

Sabtu, 19 Januari 2019 01:15 Reporter : Ahda Bayhaqi
Pengamat Sesalkan Jokowi dan Prabowo Mendominasi di Debat Capres Pasangan Capres Berpelukan Saat Debat Pertama. ©2019 Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Capres 01, Joko Widodo lebih mendominasi dibandingkan cawapresnya Ma'ruf Amin dalam debat perdana. Ma'ruf hanya berkesempatan bicara soal terorisme dan isu penyandang disabilitas.

Direktur Eksekutif Para Syndicate Ari Nurcahyo menilai, tidak hanya Ma'ruf saja yang tak memiliki kesempatan banyak berbicara. Menurutnya, cawapres 02 Sandiaga Uno pun dinilai sama.

"Dari kubu 02 pak Sandiaga Uno juga lebih banyak diam. Jadi debat kemarin lebih dominan capres, pak Jokowi dan pak Prabowo," ujar Ari di kantor Para Syndicate, Jakarta Selatan, Jumat (18/1).

Ari menyayangkan, Jokowi dan Prabowo terlalu mendominasi debat. Seharusnya, kata dia, porsi diberikan sama karena format debat pertama adalah capres-cawapres. Format satu lawan satu akan ada sesi berikutnya.

Dia menduga, hal itu terjadi karena masing-masing pasangan calon berstrategi demikian. Capres lebih diberikan porsi besar menjawab pertanyaan.

"Skenario masing-masing paslon sama cawapres diberikan porsi kecil menjawab pertanyaan-pertanyaan," kata dia.

Skenario itu, kata Ari, tidak tepat. Karena masyarakat perlu mengetahui bagaimana calon pemimpin bersinergi di pemerintahan.

"Sehingga harus tampak dan bagaimana capres dan cawapres tandem ketika di pemerintahan," jelasnya. [rnd]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini