Pendiri PAN Nilai Tingkah Amien Rais Sudah Tak Sejalan Dengan Reformasi

Rabu, 26 Desember 2018 18:04 Reporter : Devi Veviani
Pendiri PAN Nilai Tingkah Amien Rais Sudah Tak Sejalan Dengan Reformasi Amin Rais di KPK. ©2018 Merdeka.com/Dwi Narwoko

Merdeka.com - Salah satu pendiri Partai Amanat Nasional (PAN), Albert Hasibuan menganggap, dulu Amien Rais salah satu tokoh reformasi, namun sekarang justru lebih dekat dengan partai yang membangkitkan orde baru (orba).

Hal itu menjadi pertimbangan lima pimpinan PAN yang rencananya menggelar konferensi pers terkait surat terbuka kepada Amien Rais untuk mundur dari PAN pagi tadi, namun konpers tersebut batal dilakukan.

"Itu salah satu pengamatan kita ya, Pak Amien Rais waktu dulu hebat waktu 98 makanya jadi pemimpin kita dan mempunyai ide pada waktu itu mendirikan PAN bahwa PAN harus maju, modern, karena itu maka dengan tingkah Pak Amien Rais akhir-akhir ini ya maka kita dirugikan banyak apakah Pak Amien Rais tidak melanggar keinginan untuk tidak lagi melaksanakan ide-ide reformasi," kata Albert di kediamannya, Permata Hijau, Jakarta Selatan, Rabu (26/12).

Menurut dia, mungkin saja para pendiri menilai Amien yang mengarahkan PAN agar berkoalisi dengan partai yang ingin membangkitkan orba. Sebab dirinya melihat ada oralisasi antara pemikiran Amien Rais dengan kebijaksanaan PAN.

Tidak lupa, Albert juga mengucapkan terima kasih terhadap apa yang dilakukan Amien Rais saat masa reformasi. Namun yang dilakukan Amien akhir-akhir ini menurutnya keluar dari nilai-nilai partai sehingga secara tidak langsung pimpinan PAN seharusnya sudah mengetahui antitesa ini.

"Secara tidak langsung yah karena pemikiran PAN itu sudah ada dalam anggaran dasar itu sudah jelas yah karena ini partai modern, yang maju, segala macem. Jadi bila pikiran-pikiran antitesa terhadap itu sudah seharusnya para pimpinan PAN mengetahui itu," katanya.

Albert menambahkan, dia masih menaruh harapan kepada Zulkifli Hasan untuk membina PAN secara baik. Dia yakin Ketua Umum DPP PAN tersebut dapat memenangkan PAN dalam pemilu 2019, menembus parliamentary threshold, dan membangun PAN.

"Dan saya masih percaya Pak Zulkifli bisa memimpin PAN. Dia orang muda, baik, dan juga dinamis. Jadi saya, para pendiri, harapan beban pundaknya Pak Zulkifli ini," ungkapnya. [rnd]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini