PDIP yakin Jokowi tampung usul kiai yang minta Cak Imin jadi Cawapres

Minggu, 5 Agustus 2018 19:00 Reporter : Ahda Bayhaqi
PDIP yakin Jokowi tampung usul kiai yang minta Cak Imin jadi Cawapres Jokowi dan Muhaimin Iskandar. ©2018 Biro Pers Istana

Merdeka.com - Pengurus Besar Nahdlatul ulama (PBNU) menerima usulan para kiai yang merekomendasikan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sebagai cawapres Jokowi. Ketua PBNU Said Aqil Siradj menerima dengan baik usulan yang disampaikan pada pertemuan dengan kiai tersebut.

Menanggapi hal ini, Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto meyakini Jokowi bakal mempertimbangkan usulan tersebut. Menurut Hasto, Jokowi tak menafikan usulan apapun.

"Kami meyakini pak Jokowi akan mendengar masukan tersebut," ujarnya di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara, Minggu (5/8).

Menurut Hasto, Jokowi telah memiliki kesepakatan dengan para ketua umum partai koalisi terkait cawapres yang bakal diusung. Hasto mengatakan siapapun itu cawapresnya mampu bekerjasama mengelola negeri ke depan.

"Semua ketum parpol sudah sepakat karena profiling calon sudah dilakukan dengan baik dan jernih untuk Indonesia raya," kata dia.

Hasto sepakat terkait siapa cawapres Jokowi sendiri yang akan menyampaikannya. Tugas sekretaris jenderal jelang pendaftaran ini mematangkan tim pemenangan bersama 8 sekjen partai pendukung lainnya.

Hasto tak menegaskan bagaimana sikap koalisi jika PKB cabut dukungan jika Cak Imin menjadi cawapres. Dia hanya yakin Jokowi dalam mengambil keputusan melakukan pertimbangan yang mendalam dengan memikirkan setiap masukan.

"Pak Jokowi mendengarkan semuanya sehingga ketika beliau mengambil keputusan, perenungan yang mendalam, pertimbangan yang matang dan memperhatikan seluruh masukan yang diberikan," ucapnya.

Sebelumnya, Ketua PBNU Said Aqil Siroj menerima kunjungan dari para kiai se-Indonesia. Kepada Said Aqil, para kiai mengusulkan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menjadi Cawapres untuk Jokowi di Pilpres 2019.

"Malam hari ini di PBNU Pak Said Aqil telah menerima usulan dari kiai sepuh. Para kiai Nusantara ini intinya menyampaikan bahwa salah satu kader NU terbaik yaitu Cak Imin yang menjabat selalu Ketum DPP PKB, adalah salah satu kader yang diusulkan jadi calon Wakil Presiden untuk digandengkan dengan Pak Jokowi di Pilpres tahun ini," jelas Sekjen PBNU Helmy Faishal Zaini di Kantor PBNU Jakarta, Sabtu (4/8).

Menurut dia, usulan yang disampaikan para kiai merupakan aspirasi dari masyarakat baik santri atau jemaah. Para kiai yang hadir merupakan pemilik pesantren besar di berbagai daerah. [rzk]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini