PDIP sebut Jokowi tunggu Prabowo umumkan Cawapres

Jumat, 13 Juli 2018 03:14 Reporter : Sania Mashabi
PDIP sebut Jokowi tunggu Prabowo umumkan Cawapres Andreas Hugo Pareira. ©dpr.go.id

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mengantongi lima nama bakal calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampinginya di Pilpres 2019. Namun siapa yang dipilih dari lima nama itu belum juga diumumkan.

Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) Andreas Hugo Pareira mengungkapkan, dalam menentukan cawapresnya Jokowi juga menunggu deklarasi dari pihak lawan yakni, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Kata dia, siapa cawapres Prabowo akan menentukan apakah cawapres Jokowi dari kalangan partai politik atau profesional.

"Tergantung bagaimana pihak sebelah mengeluarkan siapa, ya inikan kayak orang main catur ini jadi di last minute kita lihatlah nanti," kata Andreas di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (12/7).

Anggota Komisi I DPR ini menilai, sangat rasional jika Jokowi memilih cawapresnya dari kalangan politisi demi menjaga kesatuan koalisi. Namun, lanjut dia, aspek elektoral harus juga diperhatikan untuk bisa memenangkan pemilihan orang nomor satu di Indonesia itu.

"Itu salah satu pertimbangan yang rasional kalau kita mengatakan seperti itu, tapikan harus mempertimbangkan aspek elektoralnya nanti," ungkapnya.

Kedati demikian, Andreas menambahkan, semua kalangan baik partai politik, TNI, akademisi, ataupun profesional memiliki peluang yang sama untuk diusung oleh Mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

"Saya kira semua mempunyai kesempatan yang sama cuma sekarang kita lihat harus memperhatikan dari pihak sebelah mengeluarkan siapa," ucapnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengatakan, partai politik pendukung hingga kini masih menggodok sejumlah nama cawapres yang layak mendampinginya di Pilpres 2019. Dari 10 nama yang beredar selama ini, sudah mengerucut menjadi lima cawapres.

"Sepuluh mengerucut ke lima," ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (11/7). [rnd]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini