Muncul Spanduk Bergambar Amien Rais di Solo, Sebut Purnomo Kader Terbaik PAN

Senin, 13 Januari 2020 17:50 Reporter : Arie Sunaryo
Muncul Spanduk Bergambar Amien Rais di Solo, Sebut Purnomo Kader Terbaik PAN Spanduk Bergambar Amien Rais. ©2020 Merdeka.com/arie sunaryo

Merdeka.com - Bakal calon Wali Kota Solo dari PDI Perjuangan, Achmad Purnomo, belakangan sering dikaitkan dengan Partai Amanat Nasional (PAN). Bahkan sebuah spanduk bergambar pendiri PAN Amien Rais menyebut bahwa Achmad Purnomo adalah kader terbaik partai berlambang matahari terbit itu.

Berdasarkan pantauan merdeka.com, spanduk tersebut dipasang di sejumlah titik strategis. Di antaranya di Jalan Agus Salim, Jalan Slamet Riyadi serta di kawasan Palang Joglo, Kadipiro.

Gambar pasangan Purnomo-Teguh berada di bagian kiri spanduk, sedangkan foto Amien Rais terdapat gambar di sisi kanan. Terdapat tulisan 'Purnomo Tetap Kader Terbaik Kami', di bawah foto Amien Rais.

"Kami tidak pernah memasang spanduk tersebut. Kami menduga spanduk dibuat oleh pihak lain yang ingin mengadu domba saya dengan Pak Amien. Pak Amien kan sekarang sebagai dewan penasihat," ujar Ketua DPD PAN Solo, Achmad Sapari, Senin (13/1).

Kendati demikian, Sapari menilai hal tersebut wajar terjadi dalam politik. Agar tak menimbulkan kegaduhan, dia mengaku sudah meminta timnya menurunkan spanduk tersebut. Spanduk serupa bisa saja dipasang oleh pihak lain.

1 dari 1 halaman

Dalam sejarah Pilkada di Kota Solo, Achmad Purnomo memang pernah mengikuti pemilihan Wali Kota pada tahun 2005. Dia diusung oleh PAN didampingi Istar Wahyudi sebagai calon wakil wali kota. Namun saat itu Purnomo kalah dengan Pasangan yang diusung PDI Perjuangan, Joko Widodo (Jokowi)-FX Hadi Rudyatmo (Rudy).

Kemudian tahun 2012, saat Jokowi menang Pilkada DKI Jakarta, Rudy menggantikan posisi Wali Kota Solo. Purnomo kemudian diminta mengisi kekosongan posisi Wakil Wali Kota Solo dan menjadi kader PDIP.

Sapari mengaku sudah berkomunikasi dengan Purnomo. Di lokasi Pilkada 2020 mendatang, kemungkinan besar PAN akan mendukung Purnomo. [ray]

Baca juga:
Gibran dan Bobby Dianggap Tak Penuhi Syarat Teruskan Dinasti Politik Jokowi
FX Rudy Sebut Sebelum Dapat Rekomendasi Calon akan Dipanggil DPP PDIP
Mega Beri Sinyal ke Gibran, Purnomo Tetap Optimistis Dapat Rekomendasi PDIP
Megawati Kirim Sinyal Positif Peluang Gibran di Pilkada Solo
PDIP Sudah Kantongi 44 Nama Paslon Pilkada 2020, Solo dan Medan Belum

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini