KH Anwar Iskandar: Gus Ipul sengaja dikalahkan

Minggu, 8 Juli 2018 21:45 Reporter : Fikri Faqih
KH Anwar Iskandar: Gus Ipul sengaja dikalahkan Gus Ipul dan keluarga memberikan hak suaranya pada Pilgub Jatim 2018. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Pengasuh Pesantren Al Amin Kediri KH Anwar Iskandar menilai pasangan calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno (Gus Ipul-Mbak Puti) sengaja dikalahkan dalam pemilihan Gubernur kali ini.

"Banyak laporan masuk, ada campur tangan kekuasaan. Jadi Gus Ipul-Mbak Puti bukan kalah tapi sengaja dikalahkan," kata KH Anwar, Minggu (8/7).

Menurut dia, hasil rekapitulasi yang membuat Gus Ipul-Mbak Puti kalah sudah bisa diprediksi sejak awal. Banyak alumni pesantren di daerah yang melaporkan adanya pengerahan program Pemerintah untuk kepentingan Paslon tertentu.

"Kami ini tidak terkejut dengan kekalahan ini, siapa yang bisa melawan kekuasaan ada Gubernur ada petinggi negeri yang memiliki beragam sumber daya," ujarnya.

Dia mencontohkan, penyalahgunaan program keluarga harapan (PKH) yang berada di bawah Kementerian Sosial untuk menyokong Khofifah sudah menjadi rahasia umum di Jawa Timur. Alasan Khofifah yang telah mundur dari Kementerian Sosial tak bisa menggugurkan kecurigaan kiai, mengingat penggantinya adalah kader dari partai pengusung.

Terkait hal ini, para Kiai juga telah membentuk tim investigasi sehingga bisa mengetahui secara utuh apa yang sebenarnya terjadi di Pilkada Jawa Timur.

"Meski banyak catatan, Alhamdulillah kita bersyukur telah mengikuti pemilukada dengan baik, aman dan yang paling penting Kiai tetap kompak bersatu dan kekompakan ini akan bermanfaat bagi negara ini," tutupnya. [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini