Kapolda Sebut Ada 27 Laporan Sengketa Pemilu di Sumsel

Jumat, 14 Juni 2019 01:02 Reporter : Irwanto
Kapolda Sebut Ada 27 Laporan Sengketa Pemilu di Sumsel Ilustrasi Pemilu. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Zulkarnain Adinegara menyebut ada 27 laporan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) di provinsi itu yang masuk ke Mahkamah Konstitusi (MK). Polri dan TNI siap mengawal dan mengamankan situasi hingga pelantikan calon terpilih.

Laporan tersebut semuanya diajukan calon legislatif (caleg). Dengan rincian 21 perselisihan di tingkat DPRD kabupaten dan kota, 4 laporan PHPU DPRD provinsi, serta 2 laporan untuk DPR RI.

"Sekarang tinggal menunggu sidangnya saja, informasinya sudah terjadwal," ungkap Zulkarnain, Kamis (13/6).

Dia mengimbau pendukung caleg yang bersidang tak perlu datang ke MK. Sebab, proses persidangan bisa disaksikan secara video conference yang digelar di Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya Indralaya, Ogan Ilir, Sumsel.

"Kami minta dihadiri orang atau partai politik yang berkepentingan saja, karena tempatnya (video conference) tidak terlalu besar," ujarnya.

Zulkarnain memastikan akan mengamankan tempat video conference sidang PHPU bersama anggota TNI. Pihaknya berharap tidak ada gejolak di lapangan yang berdampak pada ketidakstabilan situasi.

"Selama persidangan akan kami amankan, mudah-mudahan tidak ada protes berlebihan," pungkasnya. [ray]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini