Jokowi Pidato Visi Indonesia: Rukun itu Indah Demi Indonesia Maju, Adil dan Makmur

Minggu, 14 Juli 2019 21:13 Reporter : Merdeka
Jokowi Pidato Visi Indonesia: Rukun itu Indah Demi Indonesia Maju, Adil dan Makmur Pertemuan Jokowi-Prabowo usai Pemilu 2019. ©2019 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Presiden terpilih Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan pidato politiknya di Sentul International Convention Centre, Sentul, Bogor, Minggu (14/7). Jokowi hadir bersama Ibu Iriana Jokowi. Hadir pula Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin dan istrinya. Pidato Jokowi bertema Visi Indonesia untuk lima tahun ke depan.

Dalam pidatonya, Jokowi mengingatkan sekaligus memperteguh kembali komitmen Indonesia dengan ideologi Pancasila sebagai rumah bersama. Rumah bagi seluruh rakyat Indonesia. Jokowi menegaskan, tidak ada toleransi bagi siapapun yang mengganggu Pancasila sebagai ideologi bangsa.

"Sekali lagi, ideologi kita Pancasila. Kita ingin bersama dalam Bhineka Tunggal Ika, dalam keberagaman," tegas Jokowi di Sentul.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengajak semua rakyat Indonesia agar tak mempermasalahkan Pancasila sebagai satu-satunya ideologi bangsa. Dia meyakini tak ada rakyat Indonesia yang menolak Bhineka Tunggal Ika. Tidak ada rakyat yang tak toleran terhadap perbedaan. Semua saling menghargai antar penganut agama lain, suku dan etnis lain. Semua berbalut dalam kerukunan dan persatuan.

"Rukun itu indah. Rukun itu indah. Bersaudara itu indah. Bersaudara itu indah. Bersatu itu juga indah. Bersatu itu indah," tegas Jokowi disambut tepuk tangan pendukungnya.

Jokowi kembali mengingatkan untuk melepaskan segala ego. Dia mengajak semua pihak untuk bersama-sama membangun Indonesia. Sekarang ini sudah bukan waktunya bicara tentang perbedaan.

"Ini bukan tentang aku atau kamu. juga bukan kami atau mereka. Bukan soal Barat atau Timur. Bukan Selatan atau Utara. Ini saatnya memikirkan tentang bangsa kita bersama. Jangan ragu untuk maju. Karena kita mampu jika kita bersatu. Membawa Indonesia maju, adil dan makmur," tegasnya.

Mantan Wali Kota Solo ini meyakini semua pihak berkomitmen meletakkan Demokrasi yang berkeadaban serta menjunjung tinggi kepribadian serta martabat bangsa. Semua demi Indonesia maju di mana tidak ada rakyatnya yang tertinggal dalam meraih cita-cita. Jokowi mengajak semua pihak mewujudkan Indonesia yang setiap warganya memiliki hak sama di mata hukum, yang menguasai teknologi, dan mampu menjaga bangsa dan negara besar.

Reporter: Putu Merta Surya Putra dan Hari Ariyanti [noe]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini