Jagoan Gubernur Riau Keok di Sejumlah Pilkada

Kamis, 10 Desember 2020 13:37 Reporter : Abdullah Sani
Jagoan Gubernur Riau Keok di Sejumlah Pilkada Gubernur Riau Syamsuar. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Jagoan Gubernur Riau Syamsuar selaku Ketua DPD Golkar keok di sejumlah daerah. Sebab, selisih suara dan pengakuan dari Golkar sendiri serta dari website KPU menunjukkan kekalahan mereka dalam Pilkada Serentak kali ini.

Di Kabupaten Siak, Alfedri-Husni Mirza unggul dari paslon lainnya. Kedua paslon yang diusung partai NasDem, PAN, PPP, PKB dan Hanura itu memproleh peraihan suara 57,1 persen versi KPU. Sedangkan versi hitung cepat partai NasDem, Alfedri memperoleh suara 56,41 persen dengan suara masuk 100 persen.

"Di Siak, kita menempatkan saksi di semua TPS (Tempat Pemungutan Suara). Paslon kita Alfedri-Husni memperoleh 101.142 suara atau 56,41 persen," kata Wakil Ketua Bapilu DPW Partai Nasdem, Dedi Harianto Lubis, kepada merdeka.com, Kamis (10/12).

Jagoan Golkar lainnya yang kalah yakni di Bengkalis, pasangan Indra Gunawan Eet-Samsu Dalimunthe. Mereka diusung partai Golkar dan Perindo. Paslon yang menang di Bengkalis yakni Kasmarni-Bagus Santoso yang diusung NasDem, PAN, Demokrat, Gerindra dan PBB.

Bahkan, Partai Golkar dan PKS yang menjadi rival Kasmarni-Bagus sudah mengakui kekalahan mereka di Bengkalis berdasarkan hitung cepat internal masing-masing.

"Inhu dan Kuansing (yang menang). Tapi beberapa daerah masih menghitung dari C1," ujar Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPD I Partai Golkar Provinsi Riau Ikhsan.

Di Inhu, Golkar memberikan dukungan kepada Rezita Meylani–Junaidi Rachmat (Rajut). Rezita merupakan istri Bupati Inhu saat ini Yopi Arianto, yang telah menjabat 2 periode.

Sedangkan di Kuansing, Golkar menjagokan Andi Putra dan Suhardiman Amby. Andri Putra merupakan putra dari mantan Bupati Kuansing, Sukarmis.

Paslon lain yang diusung Golkar yakni di Rokan Hulu Hamulian-Topan, Rokan Hilir Asri Auzar-Fuad, Dumai paslon Eko-Sarifah, Kepulauan Meranti Said Hasyim-Abdul Rauf. Sedangkan di Pelalawan Adi Sukemi-M Rais.

Pencoblosan pemilihan kepala daerah sembilan kabupaten dan kota di Provinsi Riau digelar kemarin, Rabu (9/12). Kini, tinggal menunggu hasilnya. Penghitungan suara masih dilakukan komisi pemilihan umum (KPU).

Baca Selanjutnya: Pasangan calon (Paslon) kepala daerah...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini