Hindari Kecurangan Pemilu, Partai Berkarya Akan Buat Tabulasi Nasional

Jumat, 1 Maret 2019 21:47 Reporter : Arie Sunaryo
Hindari Kecurangan Pemilu, Partai Berkarya Akan Buat Tabulasi Nasional Ketua Dewan Pembina Partai Berkarya Tommy Soeharto. ©2018 Merdeka.com/Arie Sunaryo

Merdeka.com - Pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) tinggal menghitung hari. Agar pelaksanaan pesta demokrasi tersebut berjalan langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil (luber jurdil), Partai Berkarya akan membuat tabulasi nasional.

Pernyataan tersebut dikemukakan Ketua Ketua Partai Berkarya, Hutomo Mandala Putra (Tommy Soeharto), kepada wartawan seusai acara pengukuhannya sebagai ketua dewan pembina Persatuan Rakyat Desa Nusantara (Parade Nusantara), di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (1/3).

Menurut Tommy, saat ini bukan lagi hitung cepat atau quick count, tapi sudah riil count dari TPS (tempat pemungutan suara) di Indonesia. Terutama di wilayah Pulau Jawa yang internetnya sudah lancar.

"Melalui tabulasi nasional, hasil penghitungan suara yang sudah tercatat dalam formulir C1 dan plano langsung bisa diupload. Jadi masyarakat bisa langsung mengetahui hasilnya," katanya.

Tommy menjelaskan, aplikasi tabulasi tersebut akan dilakukan mulai dari tingkat kabupaten/kota, provinsi, hingga nasional. Sementara itu untuk menghindari terjadinya suara hilang dalam Pilpres 2019, lanjut Tommy, dibutuhkan sinergi dengan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

"Untuk tabulasi nasional kita akan bersinergi dengan Parade Nusantara. Yang dikhawatirkan suara hilang, agar tidak hilang nanti ada petugas yang memfoto formulir C1 dan plano," ujarnya.

Terkait Pemilu yang akan berlangsung April mendatang, putra bungsu Presiden Soeharto tersebut masih berkeyakinan jika Partai Berkarya bisa diperhitungkan oleh partai lain. Meskipun tidak secara tegas mengatakan target perolehan suara dalam Pemilu, Tommy yakin partainya bisa menempatkan kader-kadernya di DPRD kota/kabupaten, DPRD provinsi, dan DPR RI.

"Dengan menempatkan kader partai maka program-program partai untuk memperbaiki kondisi bangsa bisa dilaksanakan," tutup Tommy. [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini