Hanura Tegaskan Tetap Dukung Jokowi Meski Tidak Dapat Menteri

Rabu, 30 Oktober 2019 18:08 Reporter : Merdeka
Hanura Tegaskan Tetap Dukung Jokowi Meski Tidak Dapat Menteri Hanura Legawa Tak Dapat Jatah Di Kabinet. ©2019 Liputan6.com/Putu Merta Surya Putra

Merdeka.com - Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) menyatakan sikap politik resmi pascapelantikan Kabinet Indonesia Maju. OSO menyampaikan, Hanura mendukung sepenuhnya Presiden Joko Widodo dan menghormati hak prerogatif presiden.

Pernyataan tersebut menanggapi tidak masuknya Hanura dalam jajaran Kabinet Indonesia Maju. Kendati, Hanura menjadi salah satu partai pengusung Jokowi. OSO menyampaikan sikap politik resmi tersebut usai rapat terbatas bersama beberapa pengurus.

"Kami baru saja mengadakan rapat dan mengambil kesimpulan daripada sikap partai Hanura. Ini adalah sikap dari DPP Partai Hanura untuk seluruh Indonesia yang mengatakan bahwa kita hanya mendukung sepenuhnya Presiden Republik Indonesia bapak Jokowi dan hak prerogatif Presiden, itu mutlak kita patuhi," kata OSO di kantornya, Jakarta, Rabu (30/10).

OSO lantas menunjuk Ketua DPP Hanura Benny Rhamdani untuk menyampaikan sikap Hanura. Inti sikap politik itu, Hanura legawa dengan apapun keputusan yang diambil oleh Presiden Jokowi.

"Bahwa dukungan partai Hanura kepada Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Kiai Ma'ruf Amin dalam Pilpres 2019, adalah benar-benar pilihan politik ideologis. Keyakinan itu, lebih kepada pertimbangan politik kebangsaan Hanura," tutur Benny.

Dia menuturkan, keyakinan tersebut tidak mengenal rumusan tukar guling politik dan timbal balik kursi posisi menteri.

"Karena secara prinsip partai Hanura menyadari, pengangkatan kursi Menteri dan Wakil Menteri secara konstitusi, sepenuhnya adalah hak prerogatif presiden. Karena hak prerogatif Presiden, keputusan mengangkat Menteri dan Wakil Menteri, Partai Hanura memberikan dukungan penuh 100 persen," ungkap Benny.

Dia juga mengungkapkan, partainya mengucapkan selamat atas terpilihnya Menteri dan Wakil Menteri pilihan Presiden Jokowi. Karena itu kader-kader terbaik bangsa.

"Partai Hanura mengajak seluruh elemen bangsa untuk memberikan dukungan kepada Presiden dan Wakil Presiden Indonesia yang baru saja dilantik, demikian juga dengan Menteri dan Wakil Menteri yang telah dilantik sebagai pembantu presiden. Bagi Hanura inilah momentum konsolidasi demokrasi bagi semua elemen bangsa untuk segera meninggalkan luka, untuk segera bersatu kembali demi persatuan nasional Indonesia," tukasnya.

Karenanya, untuk posisi Hanura, apakah ada atau tidak ada partai Hanura memiliki keterwakilan di kabinet jilid II, partainya akan konsisten, Istiqomah, dan tawadhu, tetap bersama-sama dengan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

"Posisi politik yang tidak bisa ditawar-tawar lagi. Kecintaan kami terhadap Republik Indonesia yang akan mengawal sampai hayat dikandung badan, adalah kesetiaan kami mengawal pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin selama 5 tahun berjalan," pungkasnya.

Reporter: Putu Merta Surya Putra
Sumber: Liputan6.com [lia]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini