Gibran Masuk Bursa Cawalkot Solo: Kalau KPU Sudah Buka Pendaftaran Kabari

Sabtu, 27 Juli 2019 21:59 Reporter : Arie Sunaryo
Gibran Masuk Bursa Cawalkot Solo: Kalau KPU Sudah Buka Pendaftaran Kabari Jokowi dan keluarga. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo mengaku senang nama kedua anaknya, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep masuk dalam bursa calon Wali Kota Solo versi survei Unisri. Namun untuk keikutsertaan dalam Pilkada 2020, Jokowi menyerahkan kepada keduanya.

"Ya senang-senang saja. Tetapi sekali lagi, mas Gibran dan Kaesang kan mandiri. Saya serahkan sepenuhnya," ujar Jokowi disela menemani cucu pertamanya Jan Ethes bermain di Solo Paragon Mal, Sabtu (27/7).

Ia mengatakan, hingga saat ini belum ada satu partai manapun yang meminta izin untuk meminang kedua putranya itu.

"Ndak, ndak ada yang menyampaikan, kenapa sih?" katanya.

Dalam kesempatan sama, putra sulung Jokowi mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada warga Solo yang telah memberikan penilaian positif terhadap dirinya. Kendati demikian Gibran mengaku belum memikirkan hal tersebut.

"Baru kemarin saya baca surveinya ya. Saya sangat mengapresiasi, terima kasih sekali untuk warga Solo yang telah memberi penilaian positif untuk saya. Terima kasih sekali," katanya.

Kendati demikian, Gibran mengaku saat ini dirinya dan Kaesang sedang fokus untuk berbisnis. Kedua orangtuanya, dikatakannya juga membersihkan kebebasan dalam menentukan pilihan. Baik di dunia bisnis, maupun politik, namun harus tetap mandiri.

"Di keluarga saya itu, bapak ibu itu sangat demokratis. Dan dari dulu itu prinsip saya harus mandiri. Jadi kalau jadi pengusaha ya, pengusaha yang mandiri, politikus ya politikus yang mandiri. Bapak tidak pernah memaksa apapun, enggak pernah mengarahkan harus kesini harus kesana. Semuanya bebas, pokoknya yang penting harus mandiri," katanya.

Gibran menyampaikan hingga saat ini dirinya dan Kaesang masih melakukan aktivitas seperti biasa. Seperti bisa dilihat di sosmed miliknya, baik instagram dan twitter, ia dan Kaesang masih fokus menjalani bisnis.

"Saya dan Kaesang masih fokus menjalani bisnis, masih fokus ekspansi bisnis," katanya lagi.

"Tetapi itu tadi intinya, kalau jadi pengusaha ya pengusaha yang mandiri. Kalau pun nanti jadi politikus ya harus jadi politikus yang mandiri. Lha wong KPU itu apa sudah membuka pendaftaran mas? Nanti kamu (wartawan) ngabari saya saja kalau sudah ada pendaftaran," pungkas Gibran. [eko]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini