Gerindra Sebut Ada Faktor X Menghalangi Rizieq Pulang ke RI

Rabu, 10 Juli 2019 19:15 Reporter : Ahda Bayhaqi
Gerindra Sebut Ada Faktor X Menghalangi Rizieq Pulang ke RI Andre Rosiade. ©2019 Merdeka.com/Hari Ariyanti

Merdeka.com - Wasekjen Partai Gerindra Andre Rosiade menilai imam besar FPI Rizieq Shihab bukannya tidak bisa langsung kembali ke Indonesia. Sebab, menurutnya ada 'faktor x' yang mengganjal pemulangan Rizieq.

"Masih ada faktor x yang masih menghalangi Rizieq bisa pulang. Nah faktor x itu yang bisa menyelesaikan ya pemerintah," kata Andre di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (10/7).

Namun, Andre tidak mau mengungkap apa faktor x yang menghalangi Rizieq untuk pulang. Andre mengatakan yang tahu adalah Rizieq dan pemerintah.

"Tanya Habib Rizieq sama pemerintah saja yang tahu lah," ucapnya.

Andre menekankan, kepulangan Rizieq penting untuk rekonsiliasi. Hal tersebut supaya situasi menjadi guyub dan rukun.

"Kalau kita mau silaturahim mau guyub, seluruh kasus dan beban yang ada bisa terselesaikan," kata dia.

Gerindra memberikan syarat terjadinya rekonsiliasi antara Jokowi dengan Prabowo adalah memulangkan Rizieq serta menghapus kasus hukum yang menyeret pendukung Prabowo.

Menanggapi itu, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko heran pemulangan Pimpinan FPI Rizieq Shihab ke Indonesia sebagai syarat rekonsiliasi Jokowi-Prabowo, usai Pilpres 2019. Moeldoko menyarankan agar Rizieq Shihab pulang sendiri ke tanah air.

"Siapa yang pergi, siapa yang pulangin. Kan pergi-pergi sendiri kok dipulangin, bagaimana sih? Emangnya kita yang ngusir, kan enggak," ujar Moeldoko di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Selasa (9/7). [eko]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini