Garbi Bakal Jadi Partai, Anis Matta Akui Polanya Mirip NasDem

Minggu, 14 Juli 2019 19:04 Reporter : Nur Habibie
Garbi Bakal Jadi Partai, Anis Matta Akui Polanya Mirip NasDem Pendiri Garbi Anis Matta. ©2019 Merdeka.com/Nur Habibie

Merdeka.com - Pendiri Gerakan Arah Baru Indonesia (Garbi) Anis Matta menuturkan, organisasinya itu mempunyai pola yang mirip dengan Partai Nasional Demokrat (NasDem). Sebelum menjadi partai politik, NasDem berangkat dari gerakan organisasi masyarakat.

"Ada kemiripan (Garbi dengan NasDem), tetapi sebenarnya yang lebih penting pada idenya," kata Anis saat menghadiri acara Halal Bihalal dan Diskusi Milenial di Warung Coffe Upnormal, Jakarta Pusat, Minggu (14/7).

Saat ini Garbi masih melakukan sosialisasi kepada masyarakat soal ide baru yang dibawa dan ditawarkan. Ini dilakukan sebelum Garbi bermetamorfosis dari sebuah organisasi menjadi partai politik.

"Garbi ini berfungsi sebagai gerakan politik, sambil kita ingin mendapatkan feedback dari publik tentang idenya. Sehingga nanti insya Allah dari hasil feedback ini baru kita akan melangkah menjadi gerakan politik nasional," ungkapnya.

Dia mengklaim saat ini kader Garbi sudah tersebar di seluruh Indonesia. Setelah nanti menjadi partai politik, Garbi membuka diri bagi siapa saja yang ingin bergabung. Tidak hanya khusus untuk kader dan simpatisan PKS.

Anis Matta juga menegaskan sudah tak lagi menjadi kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Karena, Anis telah menjadi bagian dari Garbi dan bahkan menjadi pelopor Garbi.

"Sekarang saya masih terdaftar sebagai anggota majelis syuro, tapi saya kira dengan saya jadi membuat partai baru, otomatis saya keluar," tegasnya.

Saat disinggung larangan dan sanksi dari PKS, dia hanya menyebut bahwa Garbi saat ini bukanlah Parpol. "Garbi kan ormas," tutup Anis. [noe]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini