Fahri Nilai Goenawan Mohamad cs Ogah Berkeringat di Parpol Tapi Mau Untung

Rabu, 26 Desember 2018 17:55 Reporter : Sania Mashabi
Fahri Nilai Goenawan Mohamad cs Ogah Berkeringat di Parpol Tapi Mau Untung fahri hamzah. ©2018 Merdeka.com/dokumen pribadi

Merdeka.com - Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais diminta mundur dari kancah politik nasional oleh sejumlah pendiri partai berlambang matahari itu. Namun, permintaan dari Goenawan Mohammad Cs itu dinilai hanya untuk menyerang Capres Prabowo Subianto yang didukung oleh PAN.

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah melihat penyerangan itu terhadap Prabowo. Menurut Fahri, pihak yang mendesak Amien mundur adalah kelompok yang sedang melakukan bargain dengan penguasa atau petahana di Pilpres 2019.

"Motif penyerangan kepada Amien Rais itu adalah menyerang Prabowo. Saya tahu yang menyerang ini adalah kelompok-kelompok yang sedang melakukan bargain politik dengan kekuasaan yang ada," kata Fahri pada wartawan, Rabu (26/12).

Fahri menilai, para pendiri PAN itu hanya memanfaatkan momen Pilpres 2019 untuk bargain atau nilai tawar politik. Sehingga, lanjutnya, para pendiri itu hanya ingin mengambil keuntungan saja.

"Kelompok seperti ini selalu ada. Dan ciri-ciri mereka itu adalah orang yang tidak mau berkeringat membangun partai politik. Mereka selalu mengambil keuntungan di ujung," ungkapnya.

Dia menambahkan, para pendiri PAN itu tidak banyak dikenal oleh masyarakat pemilih dan hanya berpegangan dengan lobi-lobi uang. Karena itu sangat berbeda dengan Amien Rais.

"Berbeda dengan Amien Rais. Amien Rais adalah figur yang mengakar pada rakyat. PAN itu lahir salah satunya adalah karena dukungan dari kader-kader Muhammadiyah," ucapnya.

Diketahui, Sejumlah pendiri PAN yang disebut Goenawan Mohamad cs meminta Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais mundur dari politik. Menurut mereka, Amien Rais telah menyimpang dari prinsip PAN.

"Kami mendapatkan kesan kuat bahwa Amien Rais sejak mengundurkan diri sebagai ketua umum PAN sampai sekarang, baik secara pribadi maupun mengatasnamakan PAN seringkali melakukan kiprah dan manuver politik yang tidak sejalan dengan prinsip-prinsip PAN," kata Goenawan cs lewat pernyataan tertulis, Rabu (26/12). [rnd]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini