Cak Imin Rahasiakan Posisi Kursi Menteri Incaran PKB

Minggu, 23 Juni 2019 19:17 Reporter : Aksara Bebey
Cak Imin Rahasiakan Posisi Kursi Menteri Incaran PKB Halalbihalal PKB. ©2019 Merdeka.com/Iqbal Nugroho

Merdeka.com - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan menyodorkan banyak kader untuk mengisi kursi menteri periode 2019-2024. Mereka yakin bisa mempertahankan jatah jabatan menteri di kabinet Joko Widodo-Maruf Amin.

Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar memilih untuk belum menyatakan jumlah kursi menteri yang diperoleh. Begitu pula nama kader yang akan ditawarkan kepada Presiden. Dia sudah menyiapkan nama kader untuk jadi menteri.

"Belum ada pembicaraan. Presiden bilang akan ada waktu khusus untuk disediakan semua stakeholder pendukung Pak Jokowi diajak diskusi," katanya saat menghadiri halal bihalal di Kantor DPW PKB Jabar, Jalan Kiayi Ahmad Dahlan, Kota Bandung, Minggu (23/6).

"Tapi semua bersifat masukan. Kita akan memberi masukan sebanyak banyaknya, kita serahkan ke presiden," ujarnya.

Pria yang akrab disapa Cak Imin ini yakin Presiden akan mempertahankan posisi menteri yang diberikan kepada PKB. Saat ini, di Kabinet Indonesia Kerja (KIK), ada tiga posisi yang dikuasai, yakni Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) diisi Imam Nahrawi, Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Hanif Dhakiri, dan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo.

Disinggung soal posisi kursi menteri yang diinginkan PKB, Cak Imin memilih merahasiakan.

"Semoga tidak terjadi (menteri untuk PKB dialihkan untuk partai lain). Moga-moga masih PKB. Kalau incaran (menteri untuk jilid dua) masih rahasia,"ucapnya.

Di tingkat DPR RI, PKB merebut 58 kursi. Jumlah ini akan dimaksimalkan untuk membantu program kerja pemerintah pusat, seperti percepatan pembangunan dan kondusifitas politik ekonomi.

Disinggung mengenai dukungan kader Jabar yang menginginkannya melanjutkan kepemimpinan di partai, Cak Imin mengaku masih mempertimbangkannya meski menyiratkan kesiapan.

"Bagaimana cara, harapan itu agar memuaskan. Insya allah (siap menjadi Ketum PKB lagi)," ucapnya. [noe]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini