Amien Rais Minta Koalisi Prabowo Jadi Oposisi: Kalau Gabung, Tanda Kematian Demokrasi

Sabtu, 13 Juli 2019 20:12 Reporter : Purnomo Edi
Amien Rais Minta Koalisi Prabowo Jadi Oposisi: Kalau Gabung, Tanda Kematian Demokrasi Amien Rais di kediaman Dufi. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Ketua Dewan Kehormatan PAN, Amien Rais meminta kepada parpol pendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno untuk menjadi oposisi pemerintah terpilih. Menurut Amien, menjadi oposisi adalah sebuah perbuatan terhormat.

Amien Rais menjelaskan jika tak ada oposisi maka tak ada pihak yang akan mengawasi kinerja pemerintahan. Amien Rais pun menyebut bahwa demokrasi akan mati jika tak ada oposisi.

"Kalau pada bergabung nanti tak ada lagi yang mengawasi. Nanti suara DPR sama dengan suara eksekutif. Itu pertanda lonceng kematian demokrasi. Di mana-mana seperti itu," ujar Amien Rais di kediamannya, Sabtu (13/7).

Amien Rais menjelaskan jika parpol pengusung paslon nomor 02 harus menempatkan diri di luar pemerintahan. Amien Rais menilai berada di luar pemerintahan dan menjadi oposisi merupakan perbuatan terhormat.

"Memang kita di luar. Sangat indah kalau kubu Prabowo itu di luar. Ini juga terhormat untuk mengawasi lima tahun (pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin) mendatang," urai Amien Rais.

Amien Rais menambahkan jika tak ada koalisi dan eksekutif serta legislatif satu suara maka demokrasi game over.

"Jika parlemen sudah jadi jubirnya eksekutif maka demokrasi mengalami musibah yang paling berat dan tidak bisa bangkit kembali. Kalau kedua kekuatan, eksekutif-legislatif jadi satu, Apalagi jika yudikatif mengamini. Game is over!" tutup Amien Rais. [ded]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini