Warga Tasikmalaya Bisa Urus Dokumen Kependudukan Pakai Go-Dok

Selasa, 3 Desember 2019 04:33 Reporter : Mochammad Iqbal
Warga Tasikmalaya Bisa Urus Dokumen Kependudukan Pakai Go-Dok Pemkot Tasikmalaya luncurkan layanan Go-Dok. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Tasikmalaya membuat terobosan dalam pelayanan dokumen kependudukan, berupa meluncurkan layanan Go-Dok (Go Dokumen Kependudukan). Terobosan tersebut menjadikan masyarakat tidak perlu lagi pergi ke kantor kecamatan atau Disdukcapil, untuk mengurus kartu tanda penduduk (KTP) atau kartu keluarga (KK).

Wakil Wali Kota Tasikmalaya Muhammad Yusuf mengatakan, Go-Dok serupa dengan transportasi daring, namun dalam tugasnya bukan untuk mengantar manusia atau makanan, melainkan segala jenis dokumen kependudukan.

"Layanan ini merupakan salah satu inovasi baru dari Disdukcapil Kota Tasikmalaya. Tujuannya adalah untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukan. Jadi jemput bola membawa dokumen dari masyarakat lalu diantar lagi," ujarnya, Senin (2/12).

Yusuf menyebut bahwa pelayanan tersebut akan selesai dalam jangka waktu satu jam, atau paling lambat 24 jam. Layanan tersebut sendiri cukup dengan mengirim pesan ke nomor WhatsApp Disdukcapi dengan melampirkan syarat-syaratnya, lalu saat selesai petugas Go-Dok pun akan mengantarkan ke rumah warga.

Yusuf berharap dengan adanya layanan itu proses administrasi kependudukan dapat dengan cepat dibereskan, mulai dari KK, KTP dan lainnya.

"Jadi masyarakat tidak perlu datang, namun prosesnya lebih cepat, biaya juga efisien karena memang tidak perlu biaya tinggi untuk urusan kependudukan," katanya.

Baca Selanjutnya: Telah Diuji coba Sejak Oktober...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Tasikmalaya
  3. Birokrasi
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini