Wali Kota Solo Tak Yakin Eks ISIS akan Kembali ke Ideologi Pancasila

Selasa, 11 Februari 2020 03:00 Reporter : Arie Sunaryo
Wali Kota Solo Tak Yakin Eks ISIS akan Kembali ke Ideologi Pancasila FX Hadi Rudyatmo. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Pemulangan warga negara Indonesia (WNI) eks kombatan ISIS masih menimbulkan pro dan kontra. Banyak yang khawatirkan pemulangan tersebut akan berdampak besar bagi keamanan di Indonesia

Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo (Rudy) termasuk yang meragukan niat mereka kembali ke pangkuan ibu Pertiwi. Rudy meragukan mereka mau kembali ke Ideologi Pancasila. Ia mendukung langkah Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang menolak pemulangan mereka.

"Kalau masalah pemulangan eks ISIS itu kan statusnya nasional. Jadi saya ikut keputusan pusat. Kalau pusat menolak, yang di daerah tentu akan ikut menolak," ujar Rudy, Senin (10/2).

Rudy menyampaikan, sikap Gubernur Jateng menolak tegas pemulangan mereka. Menurutnya, tidak mudah mengajak mereka untuk kembali ke ideologi Pancasila karena sudah lama dicuci otaknya di Suriah.

"Saya ini juga mendampingi eks napiter di Solo, tetapi tidak begitu parah. Masih mau diajak kembali ke NKRI," katanya.

Rudy mengaku tak mengetahui jumlah orang Solo yang pergi ke Suriah. Di Jawa Tengah, lanjut dia, ada Yayasan Gema Salam yang merupakan wadah tempat eks napiter berlatih berwirausaha dan fokus pada deradikalisasi.

"Saya kok ragu eks ISIS bisa insaf setelah masuk Yayasan Gema Salam. Kalau yayasan itu dianggap tidak sesuai yang diharapkan, WNI kombatan ISIS akan kembali ke jalan tidak benar. Jadi harus berhati-hati menyikapi ini," tandasnya.

Kapolresta Surakarta Kombes Pol Andy Rifai menambahkan, pihaknya menunggu sikap pemerintah. Ia juga tidak mengetahui berapa jumlah warga Solo yang gabung ISIS di Suriah.

"Kita tunggu pemerintah. Kalau jumlahnya kita belum tahu. Karena datanya ada pada Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT)," katanya.

Andy yakin dari pemerintah juga sudah memikirkan persoalan tersebut. Menurutnya, di Solo ada sejumlah eks napiter yang saat ini diawasi. Jika WNI kombatan ISIS benar dipulangkan pengawasannya pastinya sama seperti eks napiter. [ded]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini