TKN: Imbauan Prabowo Agar Pendukung Tak Datang ke MK itu Baik, Jadi Ikutilah

Sabtu, 15 Juni 2019 19:39 Reporter : Sania Mashabi
TKN: Imbauan Prabowo Agar Pendukung Tak Datang ke MK itu Baik, Jadi Ikutilah Prabowo Sikapi Penetapan Hasil Pemilu KPU. ©2019 Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin, Taufik Basari menyayangkan imbauan Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto tak didengar pendukungnya. Sebab, kata dia, saat sidang perdana sengketa Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK) masih ada yang hendak melakukan aksi di sekitar gedung MK.

"Sayangnya imbauan dari Pak Prabowo ini tidak didengar oleh sebagian pendukungnya, tidak diikuti oleh sebagian pendukungnya," Kata Taufik di Kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (15/6).

Dalam pandangannya, imbauan Prabowo seharusnya didengar pihak-pihak yang mendeklarasikan diri sebagai pendukungnya. Apalagi imbauan itu demi kebaikan bersama.

"Maka ya imbauan saya sih kalau ada imbauan baik dari seorang tokoh seperti Pak Prabowo ya ikuti, kalau misalnya imbauan tidak baik ya jangan diikuti. Dalam hal ini imbauan untuk tidak turun ke jalan adalah imbauan yang baik, jadi ikutilah," ungkapnya.

Taufik berharap Prabowo bisa kembali mengeluarkan imbauan sebelum sidang MK dimulai kembali pekan depan. Sehingga bisa lebih didengar lagi oleh pendukungnya.

"Kalau perlu berkali-kali dalam setiap menjelang sidang sampaikan imbauan sehari sebelumnya. Di hari persidangan diimbau lagi, sorenya imbauan lagi, supaya benar-benar didengar pendukungnya," ucapnya.

Sebelumnya, Capres Prabowo telah meminta pendukungnya untuk tidak mendatangi MK saat sidang sengketa Pemilu dimulai. Pesan itu disampaikan melalui rekaman video.

"Saudara-saudara sekalian kami memutuskan untuk menyerahkan melalui jalur hukum dan jalur konstitusi, karena itu saya dan saudara Sandiaga Uno memohon agar pendukung kami untuk tidak berbondong-bondong hadir di Mahkamah Konstitusi pada hari-hari yang mendatang," kata Prabowo dalam sebuah video yang dikutip merdeka.com, Selasa (11/6).

Prabowo meminta pendukung tim hukum yang ditugaskan dalam mengurus sengketa Pilpres 2019 di MK. Namun mantan Danjen Kopassus mempersilakan sejumlah utusan dari pendukung untuk menemani tim hukum Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga Uno dalam mengawal sengketa Pilpres.

"Saudara-saudara sekalian saya mohon sami'na wa atho'na, percayalah kepada pimpinan dan untuk itu kalo saudara-saudara sungguh-sungguh mendukung Prabowo-Sandiaga Uno, saya mohon tidak perlu hadir di sekitar MK. Mungkin ada delegasi hanya sekedar untuk menemani tim hukum tapi tidak perlu berbondong-bondong, tidak perlu dengan jumlah massa untuk kita hindari fitnah dan provokator-provokator lainnya," ujar Prabowo.

Dia pun yakin dan meminta para pendukung mempercayakan kredibilitas hakim MK yang mengurus sengketa Pilpres 2019. Prabowo berharap apapun keputusan nantinya para pendukung menyikapinya dengan bijak. [noe]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini