Tergiur Rp 10 M buat beli alat, kontraktor malah dapat duit mainan

Rabu, 14 Februari 2018 00:32 Reporter : Adi Nugroho
barang bukti dan tersangka kejahatan. ©2018 Merdeka.com/Adi Nugroho

Merdeka.com - Aparat Reskrim Polres Metro Bekasi Kota meringkus para pelaku penipuan dengan media uang mainan. Modusnya menawarkan jasa pinjaman uang dalam jumlah mencapai miliaran rupiah. Ketiga tersangka IR alias Surya, HM dan MA kini sudah mendekam di sel tahanan.

Kasat Reskrim Polres Metro Bekasi Kota, AKBP Dedy Supriyadi mengatakan, korban Vera Amelya menderita kerugian hingga Rp 17,5 juta. Uang itu disetorkan kepada tersangka untuk biaya pengiriman uang secara tunai sebesar Rp 10 miliar.

"Padahal tersangka tidak mempunyai uang sebanyak itu, adapun uang yang ditunjukkan dalam sebuah kotak besar adalah uang mainan," kata Dedy di Bekasi, Selasa (13/2).

Dedy menjelaskan, peristiwa itu bermula korban Vera membutuhkan pinjaman uang dengan jumlah besar untuk keperluan pembelian alat berat karena tengah mengerjakan sebuah proyek dua pekan lalu. Saat itu, salah satu pelaku, yang kebetulan rekan dekatnya menawarkan pinjaman yang diinginkan.

"Korban kemudian menyepakatinya, karena dijanjikan hingga Rp 10 miliar," ujar Dedy.

Beberapa hari kemudian, kata Dedy, pelaku datang bersama dua orang rekannya. Mereka datang dengan membawa satu brankas berisikan uang pecahan Rp 100.000 ke sebuah apartemen di bilangan Bekasi Selatan. Tapi, uang itu, akan diberikan jika korban lebih dulu menyetor duit Rp 17 juta.

Dedy mengatakan, usai menyetor duit, korban dijanjikan untuk menunggu selama beberapa hari. Namun, janji tersebut tak kunjung datang. Korban curiga, lalu melaporkannya ke Polres Bekasi Kota. Polisi pun bergerak cepat, dan menangkap ketiga pelaku di wilayah berbeda di Bekasi dan Karawang.

Tersangka HM mengakui bahwa uang yang dalam jumlah banyak yang ditunjukkan kepada korban dari jauhan adalah uang mainan anak-anak. Sebab, uang tersebut terdapat gambar kartun berbagai macam karakter. "Saya beli dari Surabaya, harganya Rp 500.000," kata dia. [rhm]

Topik berita Terkait:
  1. Penipuan
  2. Bekasi
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini