Sempat Hilang Tertimbun Longsor, Runasih Ditemukan Meninggal Dunia

Sabtu, 4 Mei 2019 01:30 Reporter : Mochammad Iqbal
Sempat Hilang Tertimbun Longsor, Runasih Ditemukan Meninggal Dunia Ilustrasi tanah longsor. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Runasih, warga Dusun Pacargantung, Desa/Kecamatan Karangjaya, Kabupaten Tasikmalaya yang sempat hilang dalam peristiwa longsor pada Kamis (2/5) akhirnya ditemukan. Ia sendiri ditemukan oleh tim SAR gabungan dalam kondisi meninggal dunia.

Humas Basarnas Kantor SAR Bandung, Jhosua Banjarnahor menyebut jenazah Runasih ditemukan sekitar pukul 15.00. Dalam proses pencarian Runasih, seluruh unsur SAR fokus melakukan pencarian di rumah Runasih yang tertimbun material longsor.

"Operasi SAR hari ini dipimpin oleh Kepala Staff Kodim 0612 Tasikmalaya, Mayor Infanteri Candra Suhendar. Setelah dilakukan pencarian sejak kemarin kejadian hingga hari ini, akhirnya membuahkan hasil dengan ditemukannya Runasih dalam kondisi meninggal dunia," katanya, Jumat (3/5).

Jenazah Runasih sendiri, disebut Jhosua, akhirnya bisa ditemukan setelah proses pencarian dilakukan dengan alat seadanya oleh tim SAR gabungan TNI, Polri, Basarnas, BPBD, dan lainnya. Saat ini, jenazah Runasih sudah diserahkan kepada pihak keluarga untuk disemayamkan dan dimakamkan.

Setelah jenazah Runasih ditemukan, saat ini pihak terkait tengah melakukan upaya pembukaan akses yang sempat tertimbun longsor di tiga titik.

"Dengan adanya kejadian ini, Kepala Kantor SAR Bandung mengimbau masyarakat agar lebih waspada dan hati-hati dalam mengantisipasi cuaca di wilayahnya, khususnya yang tinggal di awah tebing dan tempat lainnya yang berpotensi longsor. Bukan hanya untuk Kabupaten Tasikmalaya saja, namun tentunya di wilayah lainnya yang serupa," jelasnya.

Sebelumnya, Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Tasikmalaya pada Kamis (2/5) menyebabkan tanah longsor di Kecamatan Karangjaya. Dua rumah dan sejumlah akses jalan seperti jalan Ciaren-Sukarapih dan Cikamuning-Citambal tertimbun material longsor.
Seorang ibu bernama Runasih yang tinggal di Dusun Pacargantung, RT 01/01 juga dilaporkan hilang dalam bencana ini.

"Kejadiannya sekitar pukul 18.00 WIB, lokasinya di Desa Karangjaya, Kecamatan Karangjaya, Kabupaten Tasikmalaya. Laporan awal ke kita longsor ini akibat curah hujan yang tinggi sejak pukul 16.30 WIB," tutupnya. [fik]

Topik berita Terkait:
  1. Tanah Longsor
  2. Tasikmalaya
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini