Polda Jateng Catat 6 Kecelakaan Saat Arus Mudik, 2 Orang Tewas

Rabu, 5 Juni 2019 00:08 Reporter : Danny Adriadhi Utama
Polda Jateng Catat 6 Kecelakaan Saat Arus Mudik, 2 Orang Tewas Arus Mudik di Tol Cipali. ©Liputan6.com/Herman Zakharia

Merdeka.com - Tercatat enam kecelakaan terjadi selama arus mudik di ruas Tol Batang-Semarang maupun arteri, Jawa Tengah. Rata-rata kecelakaan dipicu kondisi jalan bergelombang serta tanjakan yang mengakibatkan mobil hilang kendali.

"Jadi kondisi jalan bergelombang serta tanjakan mengakibatkan mobil yang berjalan kencang serasa seperti terbang. Ada enam kejadiannya di antaranya empat kali kecelakaan ditemukan di ruas tol dan dua kali di jalur arteri," kata Direktur Lalu-Lintas (Dirlantas) Polda Jateng Kombes Pol Rudi Antariksawan di Semarang, Selasa (4/6).

Dari total kecelakaan tersebut, tercatat dua pemudik tewas di ruas tol. "Lokasi tepatnya di tol Batang-Kendal. Itu belum termasuk kecelakaan tunggal yang melibatkan mobil Starlet di Tol Pekalongan. Kejadian ini mengakibatkan dua pemudik tewas karena mobilnya masuk ke dalam selokan bawah jalan tol," jelasnya.

Menurutnya, banyak aspek menjadi penyebab kecelakaan. Salah satunya lamanya jarak tempuh sehingga menyebabkan sopir sering mengantuk.

"Selain itu, pengemudi juga kurang cermat melihat situasi arus lalu lintas. Makanya, kita terus menerus mengimbau kepada pemudik kalau sudah jalan tiga jam, sebaiknya istirahat dulu di rest area untuk menghindari rasa lelah dan mengantuk," ungkapnya.

Sejauh ini dalam pantauan CCTV, polisi mendapati arus lalu lintas saat memasuki H-2 Lebaran masih ramai lancar. Di jalur Pantura, pemudik bersepeda motor terpantau ramai dengan intensitas volume yang terus meningkat setiap harinya. [cob]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini