Pimpinan DPD Dinilai Harus Berkarakter Kuat dan Komunikatif

Sabtu, 14 September 2019 23:06 Reporter : Nur Habibie
Pimpinan DPD Dinilai Harus Berkarakter Kuat dan Komunikatif Gedung DPR. ©2015 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Analis Politik Sarwi Pangi Chaniago mengatakan, seorang pimpinan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI harus mempunyai karakter yang kuat. Karena, dia menilai, pimpinan DPD bisa memperjuangkan hak-hak daerah di tingkat pusat itu bisa berjalan dengan baik.

"Selain berkarakter kuat, pimpinan DPD juga harus punya narasi, komunikatif, diterima di semua level dan dapat menjadi solidarity maker," katanya di Jakarta Pusat, Sabtu (14/9).

Menurutnya, sosok seperti itu lah yang diharapkan untuk bisa menghilangkan sumbatan komunikasi internal maupun eksternal di dalam lembaga DPD. Sehingga, dapat mengangkat kembali marwah, harkat dan martabat DPD sebagai lembaga tinggi negara.

Dia mengungkapkan, lemahnya peran DPD itu berbanding terbalik dengan derjat keterwakilan yang dimiliki baik dari segi aspek keterwakilan, sebaran dukungan, spektrum ideologis dan tingkat keterpilihan. Hal ini menjadi paradox, sebab secara legitimasi DPD punya dukungan yang kuat namun lemah dari segi kewenangan.

"Penguatan kelembagaan DPD menjadi penting dalam upaya konsistensi atas pilihan politik untuk menjalankan sistem bikameral secara murni sebagaimana amanat konstitusi. Upaya penguatan kelembagaan sangat dipengaruhi oleh faktor kepemimpinan yang akan membawa arah perubahan kelembagaan DPD kedepan," ujar Pangi.

Sementara itu, Anggota DPD RI terpilih, Tamsil Linrung mengatakan, pimpinan DPD idealnya ada lima orang. Mereka akan bertugas untuk mewakili gugus-gugus di daerah seperti Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Papua dan Nusa Tenggara.

"Kalau itu terjadi saya kira akan ada rekonsiliasi yang baik. Tapi, sayangnya dalam UU MD3 tidak terakomodir ide-ide itu. Sehingga kita terima dengan yang ada sekarang, yakni empat. Saya kira itu juga sudah bagus bisa mewakili dua dari gugus barat dan dua lagi untuk gugus timur," ungkapnya.

Menurutnya, sosok yang pantas menjadi pimpinan DPD RI yakni seseorang yang mempunyai jiwa kepemimpian yang kuat. Selain itu bisa mengakomodir dan memediasi pertemuan-pertemuan yang memanfaatkan kaum profesional seperti, rektor. Sebab, orang-orang itu diyakini bisa memberikan kontribusi pemikiran yang dapat membangun daerah menjadi lebih sejahtera.

"Begitu juga forum internasional, karena banyak investor dari berbagai negara. Orang-orang Saudi dan Dubai banyak sekali ingin berinvestasi di Indonesia," tutupnya. [fik]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. DPD
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini