Pesan Sultan Hamengkubuwono X ke Mahasiswa: Silakan Demo, yang Penting Tertib

Selasa, 24 September 2019 18:54 Reporter : Purnomo Edi
Pesan Sultan Hamengkubuwono X ke Mahasiswa: Silakan Demo, yang Penting Tertib

Merdeka.com - Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X angkat bicara mengenai maraknya aksi demonstrasi mahasiswa. Termasuk banyaknya mahasiswa dari Yogyakarta yang berangkat demonstrasi ke Jakarta.

Dia mengaku tak bisa melarang mahasiswa untuk menyuarakan aspirasinya ke Jakarta. Hanya saja Sultan HB X mengimbau agar tak anarkis.

"Ya kalau mau ikut demonstrasi kan juga itu hak warga masyarakat, Silakan. Asal tidak melakukan perusakan saja. (Demonstrasi) dengan tertib sesuai dengan izin. Jelas, kepentingannya apa gitu lho," ujar Sultan HB X usai peresmian RS UII di Bantul, Selasa (24/9).

Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat ini juga mengimbau agar demonstran bisa menyuarakan aspirasinya dengan tertib.

"Kalau mau (menyuarakan) aspirasi ya silakan saja, saya enggak bisa melarang. Yang penting tertib. Jangan melanggar hukum," ungkap Sultan HB X.

Sultan HB X juga meminta agar demonstran memberitahu kepada polisi sebelum menggelar demonstrasi. Sehingga nantinya bisa mendapatkan pengawal dari polisi sehingga aksi bisa berjalan damai dan tertib.

"Dan kalau demonstrasi itu memberitahu polisi, syukur bisa dikawal. Yang bertanggungjawab, jelas, tertib, tidak melakukan perusakan ya enggak ada masalah. Silakan saja," papar Sultan.

Diberitakan sebelumnya, pada Senin (23/9) ribuan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Yogyakarta menggelar aksi demonstrasi bertajuk #GejayanMemanggil. Aksi demonstrasi di Simpang Tiga Gejayan ini berlangsung dengan tertib dan aman.

Jangan Lewatkan:

Ikuti Polling Bagaimana Pendapat Anda soal RUU KUHP? Klik di Sini! [ray]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini