Perbaikan Aspal Runway Rusak Beres, Bandara APT Pranoto Beroperasi Lagi

Minggu, 23 Juni 2019 10:03 Reporter : Saud Rosadi
Perbaikan Aspal Runway Rusak Beres, Bandara APT Pranoto Beroperasi Lagi Ilustrasi. ©2019 Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Bandara APT Pranoto Samarinda pagi ini kembali beroperasi lagi, menyusul perbaikan pengelupasan aspal beres dikerjakan Sabtu (22/6) malam. Akibat itu, bandara sempat ditutup lebih awal dari pukul 18.00 WITA menjadi pukul 17.00 WITA.

"Bandara pagi ini beroperasi lagi, setelah sempat ditutup Sabtu (22/6) kemarin jam 5 sore," kata Kepala UPBU APT Pranoto Dodi Dharma Cahyadi dalam keterangan tertulis diterima merdeka.com, Minggu (23/6) pagi.

Menyusul dikeluarkannya Notice to Airmen (Notam) daru Air Nav Indonesia, tim teknis UPBU APT Pranoto Samarinda, bergegas melakukan perbaikan di titik pengelupasan aspal mulai sore hingga malam harinya.

"Pekerjaan perbaikan di runway yang mengelupas, posisi tepat di depan tower bandara di STA 1:500 sudah selesai. Perbaikan ini, sebagai komitmen kami terhadap keselamatan, dan keamanan penerbangan," ujar Dodi.

Pagi ini, operasional bandara kembali normal. Maskapai lanjut Dodi, diharapkan bisa mempersiapkan secara kondusif keberangkatan para calon penumpang, yang terkena dampak akibat penutupan sementara operasional bandara.

"Tim teknis kami akan terus memeriksa dan mengevaluasi kondisi landasan, guna menjamin semua prosedur pengerjaan runway sudah terlaksana dengan baik," demikian Dodi.

Untuk beberapa jadwal penerbangan yang sempat tertunda, kini kembali normal. Adapun penerbangan kedatangan pertama yaitu Wings Air IW-1485 dari Berau, sedangkan untuk pemberangkatan penerbangan pertama dari Samarinda adalah Batik Air ID6671 tujuan Jakarta.

Diketahui, Bandara APT Pranoto, Sabtu (22/6) sore kemarin, ditutup lebih awal akibat kerusakan aspal runway. Penutupan sesuai Notam Air Nav bahwa penutupan mulai jam 08:00 UTC (pukul 17.00 WITA) sampai dengan 11.00 UTC (pukul 19.00 WITA). Penutupan dilakukan demi keselamatan penerbangan. Sembilan penerbangan menuju dan dari Samarinda terpaksa dibatalkan. (*) [rhm]

Topik berita Terkait:
  1. Bandara
  2. Samarinda
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini