Penggerebekan Pabrik Sabu Rumahan di Jakbar, Bahan Baku Dibeli dari Belanja Online

Senin, 24 Juni 2019 18:21 Reporter : Merdeka
Penggerebekan Pabrik Sabu Rumahan di Jakbar, Bahan Baku Dibeli dari Belanja Online Olah TKP Pabrik Sabu di Kalideres. ©2019 Liputan6.com/Herman Zakharia

Merdeka.com - Satuan Narkoba Polres Metro Jakarta Barat menggerebek pabrik sabu rumahan di Perumahan Citra 2, BH 8/10, Kalideres Jakarta Barat, kemarin. Kasus ini mengungkap fakta bahwa bahan baku sabu mudah diperoleh dari situs belanja online.

Kepala Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Barat, AKBP Erick Frendriz menuturkan, tersangka Mangendar Warto memperoleh bahan-bahan melalui situs jual beli.

"Ada temuan kami juga, dalam mendapat barang bukti, tersangka membeli di situs online besar dan resmi, jadi ada beberapa hal yang harusnya tidak bisa dijual bebas namun bisa didapat dijual beli online," ucap Erick, Senin (24/6).

Erick menyebut, di situs tersebut penjual menawarkan berbagai obat yang dibutuhkan untuk memproduksi sabu dalam jumlah besar.

"Artinya banyak hasil ditentukan ketersediaan bahan baku. Makin banyak bahan baku, makin banyak sabu yang dia produksi," ucapnya.

Kasubdit Puslabfor Mabes Polri, Kompol Yuswardi mengatakan, Puslabfor telah memeriksa kandungan sabu. Ditemukan beberapa jenis bahan baku prekursor seperti, efedrin, iodin, fosfor, aseton, soda api dan alkohol.

"Di mana baha itu digunakan untuk membuat narkotika jenis sabu. Jadi kami bisa pastikan memang benar TKP ini digunakan tempat produksi narkotika jenis sabu, dengan ditemukan bahan jadi juga mencapai 1 kg lebih," ujar dia.

Yuswardi pun mengatakan berdasarkan hasil pemeriksaan sabu buatan Mangendar terbilang memiliki kualitas sangat baik, tak jauh berbeda dengan kualitas internasional.

"Jadi bisa terlihat sabu ini sangat murni," ujar dia.

Reporter: Ady Anugrahadi [noe]

Topik berita Terkait:
  1. Kasus Narkoba
  2. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini