Mengaku Polisi, Irwan Minta Foto Bugil dan Peras Korban Rp50 Juta

Jumat, 24 Mei 2019 20:31 Reporter : Danny Adriadhi Utama
Mengaku Polisi, Irwan Minta Foto Bugil dan Peras Korban Rp50 Juta Pria mengaku polisi peras wanita hingga Rp 50 juta. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Irwan Abrianto (34) warga Kabupaten Singingi, Provinsi Riau, menipu seorang wanita berinisial IR (30). Dalam aksinya, pelaku mengaku sebagai anggota polisi berpangkat perwira. Korban mengalami kerugian uang Rp50 juta karena dikuras pelaku.

"Profesi polisi ini dimanfaatkan pelaku untuk memikat korban di antaranya perempuan," kata Kasubdit V Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jateng AKBP Agung Prabowo saat gelar perkara, Jumat (24/5).

Menurut dia, penangkapan pelaku dilakukan setelah petugas menerima laporan dari korban asal Jawa Tengah. Keduanya berkenalan lewat media sosial.

"Jadi kenalnya lewat medsos mereka berdua," jelasnya.

Setelah kenal dan akrab, pelaku lalu meminta nomor handphone korban. Dari hubungan yang semakin akrab tersebut, akhirnya pelaku meminta foto bugil, dan meminta untuk merekam alat kelamin korban dengan dalih akan menikahinya.

"Dari rekaman korban foto bugil, pelaku meminta sejumlah uang kepada korban hingga Rp 50 juta. Jika tidak memenuhi permintaan mengancam akan sebarkan video itu ke medsos," jelasnya.

Korban yang merasa ditipu, akhirnya melapor dan pada 15 Maret lalu, dimulai penyelidikan di mana didapatkan informasi, pelaku berada di Riau. Petugas Subdit V Cybercrime berangkat ke Riau mencari keberadaan pelaku.

"Jadi pelaku ini saat beraksi sedang menjalani tahanan di Lapas Klas II B Bangkinang Riau," ungkapnya.

Agung menjelaskan, pihaknya saat ini masih melakukan pemeriksaan terhadap pelaku karena diduga korbannya lebih dari satu. "Ini masih dalam pengembangan. Ada dugaan korban lebih dari satu," ungkapnya.

Atas perbuatannya, Irvan Abrianto dijerat dengan Undang-undang Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Ancaman hukumannya maksimal 6 tahun kurungan dan denda Rp1 miliar. [cob]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini