Mendagri Ingatkan Menyebarluaskan Identitas Orang Lain Melanggar Hukum

Senin, 13 Mei 2019 18:46 Reporter : Moh. Kadafi
Mendagri Ingatkan Menyebarluaskan Identitas Orang Lain Melanggar Hukum Tjahjo Kumolo di Denpasar. ©2019 Istimewa

Merdeka.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo menegaskan data pribadi tak boleh disebarkan sembarangan. Hal itu dikatakannya menanggapi penyebaran data pribadi atas nama Dheva Suprayoga oleh penggiat media sosial pendukung Jokowi, yakni Ulin Ni'am Yusron.

Ulin Ni'am Yusron dalam akun twitter pribadinya menyebarkan data pribadi seseorang yang diduga mengancam memenggal Presiden Joko Widodo. Dheva sebelumnya telah memberikan penjelasan orang yang melakukan ancaman tersebut bukannya.

"Untuk itu, saya kira nggak boleh ya itu UU Adminduk (Administrasi Pendudukan) bisa dikejar dan bisa dituntut itu. Walaupun kami kerja sama dengan perbankan itu yang mengakses pun harus jelas siapa namanya," kata Tjahjo saat ditemui di Denpasar, Senin (13/5).

Menurutnya, siapapun yang melakukan hal tersebut bisa dituntut secara hukum. Meskipun dalam kasus lain pihaknya bekerjasama dengan perbankan, namun ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi.

"Sehari dia akses berapa. Siapa-siapa yg ada kaitan dengan perbankan dia tidak boleh macem-macem . By name by address siapa yang mengakses dari pihak perbankannya siapa. Kalau misal digunakan untuk hal yang lain bisa dituntut," ujar Mendagri.

Seperti yang diketahui, Ulin Ni'am Yusron menyebarkan data nama Dheva Suprayoga sebagai pengancam penggal Jokowi. Namun, diketahui ternyata bukan dia pelakunya.

Kemudian, pihak Kepolisian sendiri sudah menangkap pengancam tersebut yang berinisial HS. Terkait hal tersebut, Ulin lantas menghapus cuitannya sebelumnya dan meminta maaf. [gil]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini