Menengok wahnya Bandara Ahmad Yani yang akan diresmikan Jokowi

Rabu, 6 Juni 2018 02:53 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
Menengok wahnya Bandara Ahmad Yani yang akan diresmikan Jokowi Bandara Ahamad Yani. ©2018 Merdeka.com/Twitter Bandara Ahmad Yani

Merdeka.com - Kota Semarang akan memiliki bandara internasional dengan fasilitas terbaru. Terminal di Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang dibangun kembali dengan fasilitas yang lebih memadai.

Presiden Joko Widodo rencananya akan meresmikan Bandara Ahmad Yani pada Rabu, 6 Juni 2018. Nantinya, pemudik yang menuju Semarang dan kota-kota lainnya di Jawa Tengah bisa menikmati fasilitas terminal ini.

Berikut beberapa keistimewaan terminal baru di Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang:

1 dari 4 halaman

Bandara Ahmad Yani menjadi lebih luas

Bandara Ahmad Yani Semarang. ©2014 Merdeka.com/Djoko Poerwanto

Bandara Ahmad Yani Semarang akan memiliki terminal baru. Nantinya terminal ini akan meningkatkan kapasitas daya tampung penumpang hingga 9 kali lipat. "Terminal baru bandara Ahmad Yani yang sedang kita bangun ini sembilan kali lebih besar dari terminal sebelumnya," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Terminal baru berkonsep ecogreen itu mampu menampung 6,9 juta penumpang per tahun, naik signifikan dari kapasitas terminal lama yang hanya 800 ribu penumpang per tahun.

2 dari 4 halaman

Tiga negara jajaki rute penerbangan langsung ke Bandara Ahmad Yani

Bandara Ahmad Yani Semarang. ©2014 Merdeka.com/Djoko Poerwanto

Tiga negara menjajaki rute penerbangan langsung menuju Bandara Ahmad Yani Semarang. General Manager PT Angkasa Pura I, Bandara Internasional Ahmad Yani, Kol (Cpn) Maryanto mengatakan rombongan pengusaha China sudah datang untuk menjajaki pembukaan penerbangan menuju Semarang. Mereka ingin ada satu maskapai yang bisa terbang langsung dari Shanghai menuju Bandara Ahmad Yani.

Dua negara lain yang tertarik pada rute Semarang yakni Malaysia dan Korea Selatan. Bahkan, pemerintah Kerajaan Malaysia mengisyaratkan bahwa maskapai Malaysia Airlines dalam waktu dekat akan membuka rute menuju Semarang.

Maryanto menargetkan mampu menambah tiga sampai lima penerbangan baru menuju Semarang. Untuk memperkuat akses infrastrukturnya, Bandara Ahmad Yani nantinya akan dilengkapi terminal khusus jemaah umrah, terminal kargo dan maintenance. Dia menyatakan perluasan fasilitas bandara dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas layanan agar dapat bersaing di kancah global.

3 dari 4 halaman

Ada internet gratis saat memasuki terminal Bandara Ahmad Yani

Bandara Ahmad Yani Semarang. ©2014 Merdeka.com/Djoko Poerwanto

Penumpang akan menemukan free internet corner saat melewati Security Check Point (SCP 2) menuju ruang tunggu keberangkatan penumpang. Saat menuju ruang tunggu, penumpang akan menemukan internet corner di meja yang menempel pada salah satu pilar di ruang tunggu tersebut.

Penumpang dapat menggunakan layanan internet secara gratis, tetapi situs internet yang dapat digunakan sudah di filter oleh pihak manajemen Angkasa Pura sehingga penumpang tidak bisa membuka situs-situs terlarang. Saat ini komputer yang tersedia hanya terdapat satu unit saja, tetapi selanjutnya akan ditambahkan untuk fasilitas free internet corner tersebut.

4 dari 4 halaman

Denah terminal bisa membantu penumpang yang kehilangan arah

Bandara Ahmad Yani Semarang. ©2014 Merdeka.com/Djoko Poerwanto

Bagi penumpang yang tersesat, tidak perlu khawatir. Bandara Ahmad Yani memasang terminal map atau denah terminal. Terminal map memiliki fungsi untuk memudahkan para pengguna jasa Bandar Udara dalam memberikan petunjuk mengenai tata letak tempat yang ada di lingkungan terminal.

Terdapat tiga titik area yang digunakan untuk penempatan terminal map. Titik pertama berada di depan terminal keberangkatan penumpang, titik kedua berada di tempat pada saat penumpang melewati zona SCP2 dan titik ketiga berada di terminal kedatangan penumpang. [mtf]

Baca juga:
Lintasan bersih abu vulkanik Merapi, Bandara Ahmad Yani kembali beroperasi
Pekan depan, terminal baru Bandara Ahmad Yani beroperasi fungsional
Pengelola bandara siapkan pengaturan keterlambatan antisipasi dampak letusan Merapi
Lebaran 2018, 6,7 juta pemudik diprediksi lewat bandara di bawah pengelolaan AP II
Hujan abu, Bandara Adi Soemarmo ditutup sementara
Gunung Merapi meletus, Bandara Adi Soemarmo ditutup

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini