Mahfud MD Akan Terbang ke Papua, Jokowi Titipkan Sejumlah Pesan

Jumat, 29 November 2019 19:18 Reporter : Merdeka
Mahfud MD Akan Terbang ke Papua, Jokowi Titipkan Sejumlah Pesan Jokowi dan Iriana di Papua. ©2019 BPMI Setpres

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan HAM, Mahfud MD, dijadwalkan terbang ke Papua malam ini. Sejumlah pesan dititipkan Presiden Joko Widodo untuk Mahfud.

Pesan Jokowi disampaikan Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, "Karena Pak Menko akan berangkat ke Papua malam ini. Tadi saya menyampaikan beberapa hal titipannya Pak Presiden," ucap Pratikno di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Jumat (29/11/2019).

Salah satu pesan Jokowi, kata Pratikno, agar terus dilakukan pendekatan pada masyarakat Papua.

"Ya intinya, harus ada upaya terus untuk bagaimana pendekatan kesejahteraan, pendekatan budaya, untuk membangun Papua, ekonomi Papua," jelas Pratikno.

Reporter: Putu Merta Surya Putra

Sumber: Liputan6.com

1 dari 1 halaman

MRP Minta Aparat Ditarik dari Tanah Papua

Sebelumnya, Majelis Rakyat Papua (MRP) bertemu dengan Wakil Presiden, Ma'ruf Amin, kemari. MRP menyampaikan beberapa hal, salah satunya meminta agar aparat ditarik dari tanah Papua.

"Pentingnya penghapusan tindakan kekerasan di Tanah Papua. Dalam konteks ini, perlu dilakukan evaluasi menyeluruh mengenai pendekatan keamanan di Tanah Papua. Hendaknya pendekatan persuasif lebih diutamakan," kata Ketua Pokja Adat MRP Provinsi Papua, Demas Tokoro, usai bertemu di Kantor Wapres, Jakarta Pusat, Kamis (28/11).

Demas menjelaskan, penempatan personel kepolisian maupun prajurit TNI tidak cocok dengan masyarakat di sana. Sebaliknya, justru pendekatan sosiologis sangat kurang dilakukan aparat.

"Karena pendekatan sosiologis bisa dilakukan, budaya bisa dilakukan, kemanusiaan, dan mental spiritual, itu penting untuk orang Papua," kata Demas. [lia]

Baca juga:
Polisi Usut Dugaan Dana Desa Papua Masuk ke KKB
Jelang HUT OPM, Polri Klaim Situasi di Papua dan Papua Barat Aman
Demo di Kemenko Polhukam, Sejumlah Massa Minta Aparat Amankan Papua 1 Desember
Jelang HUT OPM, Wapres Ma'ruf Amin Minta Petugas Waspadai Gerakan KKB
Polri: Secara Umum Situasi di Papua Damai dan Kondusif

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini